Kenali Benjolan di Badan Anda, Kanker atau Benjolan Biasa

- 15 September 2023, 17:43 WIB
Pakar hemato-onkologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Dr dr Andhika Rahman, SpPD-KHOM dalam diskusi media bertajuk “Hari Kesadaran Limfoma Sedunia 2023: We Can’t Wait – to Focus on Our Feelings" di Jakarta, Jumat (15/9/2023)
Pakar hemato-onkologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Dr dr Andhika Rahman, SpPD-KHOM dalam diskusi media bertajuk “Hari Kesadaran Limfoma Sedunia 2023: We Can’t Wait – to Focus on Our Feelings" di Jakarta, Jumat (15/9/2023) /ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

INDOBALINEWS - Tumor adalah benjolan. Tumor jinak tetap tumor. Tetapi tumor ganas adalah kanker. 

Pakar hemato-onkologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Dr dr Andhika Rahman, SpPD-KHOM, mengatakan hal ini dalam diskusi media bertajuk “Hari Kesadaran Limfoma Sedunia 2023: We Can’t Wait – to Focus on Our Feelings" di Jakarta, Jumat, 15 September 2023.

"Benjolan pertanda kanker termasuk limfoma (kanker kelenjar getah bening) bertambah besar serta tak sakit, berbeda dengan benjolan akibat sebab lainnya. Benjolan akibat infeksi dan trauma umumnya tidak bertambah besar ataupun kalau bertambah besar hanya dalam waktu tertentu yang kemudian dapat membaik", jelas Andhika.

Baca Juga: Kanker Pembunuh Tertinggi di Asia, 400 Perawat Kanker Asia Bertemu di Bali

Ditambahkan Andhika, Benjolan itu sebenarnya akibat dari adanya infeksi, trauma dan keganasan. Jadi, yang trauma dan keganasan itu jelas berbeda. Pada mereka yang mengalami benjolan karena sebab trauma dan infeksi juga akan mengalami radang dan sakit pada benjolan. Kemudian, khusus benjolan akibat infeksi, dapat disertai gambaran infeksi seperti meriang, menggigil, demam, kemerahan dan sebagainya, jelas Andhika.

"Dan keluhan yang paling banyak adalah painfull pada yang trauma dan infeksi. Sedangkan pada yang tidak infeksi karena keganasan, bertambah besar dan painless," tambahnya.

Baca Juga: Seputar Kanker: Wanita yang Suka Sex Bebas atau Jorok di Bagian Vital, Berisiko Tinggi Terkena Kanker Serviks

Andhika menganjurkan mereka yang memiliki benjolan di bagian tubuhnya baik itu sakit atau tidak untuk menindaklanjuti dengan berkonsultasi ke dokter, karena ada juga kanker dengan infeksi sehingga menimbulkan nyeri.

Kemudian, khusus benjolan akibat limfoma, jumlahnya tidak hanya satu melainkan banyak karena benjolan bisa muncul di sepanjang kelenjar getah bening di seluruh bagian tubuh, jelas Andhika.***

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x