Nenden Lilis Aisyah: Perempuan di Masa Dulu Dihargai Sama dengan Pria

- 23 Desember 2021, 20:19 WIB
Penulis dan Penyair, Nenden Lilis Aisyah
Penulis dan Penyair, Nenden Lilis Aisyah /Satupena

INDOBALINEWS - Bukti sejarah Indonesia menunjukkan, di masa lampau perempuan mendapat penghargaan dan derajat yang sama dengan pria. Begitu tinggi penghargaan terhadap perempuan, sehingga perempuan mendapat wewenang sebagai kepala negara.

Hal itu diungkapkan penulis dan penyair Nenden Lilis Aisyah,  yang menjadi narasumber diskusi dan baca puisi, yang diadakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, di Jakarta, Kamis 23 Desember 2021 malam.

Tema Webinar Obrolan Hati Pena #19 itu adalah “Ibu Dalam Budaya Indonesia.” Pemandu diskusinya adalah Elza Peldi Taher dan Swary Utami Dewi.

Baca Juga: Denny JA: Sejarah Awal Hari Ibu Berkaitan Pesan Perdamaian

Tentang perempuan yang menjadi kepala negara, Nenden memberi contoh: Ratu Shima yang menjadi penguasa Kerajaan Kalingga (674-695 M), Tribhuwana Wijayatunggadewi, ratu Majapahit (1328-1350 M), dan Prabu Sri Suhita ratu Majapahit (1429-1447).

Lalu Sultanah Safiatuddin memerintah Aceh pada akhir abad 17, Sisti Asiyah We Tenriolle memerintah kerajaan Ternate sekitar abad ke-19, dan Ratu Kalinyamat Putri Raja Demak yang menjadi Bupati Jepara.

“Namun pada masa-masa berikutnya, diprediksi karena pengaruh feodalisme dan kolonialisme, kedudukan perempuan cenderung subordinat terhadap laki-laki,” tutur Nenden.

Hal ini, contohnya, terlihat dari rumusan tujuan pendidikan untuk kaum perempuan, yang dibuat Inspektur Pendidikan Zaman Kolonial abad 19, yang mengarah pada pendomestikan kaum perempuan. ***

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x