Firli Bahuri: Mencegah Korupsi adalah Wujud Nyata Bela Negara

- 20 Desember 2021, 10:29 WIB
Ketua KPK Komjen Firli Bahuri
Ketua KPK Komjen Firli Bahuri /Pikiran-Rakyat.Depok/Instagram/

 

INDOBALINEWS - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, mencegah korupsi adalah wujud nyata membela negara.

"Ingat, menangkap koruptor adalah tugas KPK dan aparatur penegak hukum lainnya. Namun, mencegah korupsi adalah wujud nyata bela negara yang dapat kita lakukan sebagai bentuk rasa cinta terhadap nusa bangsa dan tanah air Indonesia," kata Firli dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin 20 Desember 2021 memperingati Hari Bela Negara yang jatuh pada 19 Desember 2021.

Firli mengatakan, cukup menjadi pribadi sederhana yang senantiasa menjalankan nilai-nilai kejujuran, moral, etika, agama, dan budaya antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari adalah cara memenuhi kriteria bela negara di masa sekarang.

Baca Juga: Presiden Venezuela: Indonesia Salah Satu Negara Ekonomi Kuat di Dunia

Menurutnya, korupsi dan perilaku koruptif menjadi ancaman utama bangsa dan negara mengingat dampak destruktifnya.

Korupsi bukan sekadar merugikan keuangan atau perekonomian, namun dapat mengakibatkan tujuan bernegara suatu bangsa menjadi gagal.

Firli pun sepakat dengan pandangan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 mengenai pemberantasan korupsi yang tidak boleh terus-menerus identik dengan penangkapan.

“Pemberantasan korupsi harus mengobati akar masalahnya,” tambah Firli.

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x