Libatkan 2.000 Seniman dan Kreator, Festival Seni Bali Jani IV Digelar 9 hingga 23 Oktober 2022

- 5 Oktober 2022, 05:12 WIB
Pameran seni rupa Bali Megarupa merupakan salah satu program kegiatan dari Festival Seni Bali Jani yang tahun ini digelar 9-23 Oktober 2022.
Pameran seni rupa Bali Megarupa merupakan salah satu program kegiatan dari Festival Seni Bali Jani yang tahun ini digelar 9-23 Oktober 2022. /Instagram @balimegarupa

INDOBALINEWS – Sekitar 2.000 seniman, kreator, pelaku seni serta narasumber asal Bali, nasional dan internasional akan meramaikan 49 program yang digelar Festival Seni Bali Jani (FSBJ) IV pada 9-23 Oktober 2022.

Festival tahunan yang menyajikan berbagai seni modern dan kontemporer tersebut dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) Denpasar dan di sejumlah tempat.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha mengatakan FSBJ tahun ini mengusung tema Jaladara Sasmitha Danu Kerthi, Air sebagai Sumber Peradaban.

Baca Juga: Liga Champions: Link Live Streaming Ajax Amsterdam vs Napoli

"Sebagaimana arahan dan pengharapan penggagas FSBJ, Ibu Putri Suastini Koster, penyelenggaraan tahun ini hendaknya dapat berkumandang dan memperoleh apresiasi secara nasional maupun internasional," katanya saat pemantapan persiapan FSBJ IV, Selasa 4 Oktober 2022.  

Dia menjelaskan FSBJ merupakan aktualisasi Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta implementasi Visi Pembangunan Provinsi Bali 2018-2023: Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru.

Arya Sugiartha mengatakan dalam festival kali ini, lomba atau Pawimba FSBJ 2022 diadakan terbuka tingkat nasional, dengan juri-juri yang memiliki reputasi mumpuni, bahkan berprestasi internasional. Di antaranya lomba baca puisi dan menulis esai untuk perorangan, serta film pendek dan teater modern bagi peserta kelompok atau beregu.

Peserta lomba datang dari hampir seluruh penjuru Tanah Air. Tercatat hingga batas pendaftaran, untuk baca puisi diikuti 184 partisipan, film pendek 44 kelompok, dan teater modern 19 grup.

Baca Juga: Link Live Streaming Liverpool vs Rangers, Match Day 3 Lihat Champions

Sedangkan menulis esai tentang Festival Seni Bali Jani hingga saat ini terdaftar 54 orang, masih terbuka hingga 14 Oktober 2022.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x