Menikmati Bisikan Keindahan Kaligrafi Made Wianta dalam 'Whispering Calligraphy' di Sudakara ArtSpace Sanur

- 29 Agustus 2023, 13:40 WIB
Salah satu karya Made Wianta yang dipamerkan dalam Whispering Calligraphy di Sudakara ArtSpace yang digelar 28 Agustus higga 30 September 2023.
Salah satu karya Made Wianta yang dipamerkan dalam Whispering Calligraphy di Sudakara ArtSpace yang digelar 28 Agustus higga 30 September 2023. /Shira Indobalinews

 

INDOBALINEWS - Kaligrafi merupakan seni menulis 2 dimensi yang menekankan keindahan dengan memodifikasi bentuk huruf dan tulisan sehingga mempunyai nilai keindahan secara visual.

Namun bagi seorang maestro seni lukis Made Wianta, semasa hidupnya Ia kerap menikmati kaligrafi tak hanya sebagai sebuah keindahan visual semata. Ia memandang kaligrafi juga sebagai sebuah karya yang bisa menyuarakan sesuatu.

Seperti yang dituturkan oleh sang isteri Intan Kirana Wianta saat membuka pameran 18 karya kaligrafi Made Wianta di Sudakara ArtSpace, Denpasar, Bali, bertajuk "Whispering Calligraphy" Remembering Made Wianta Senin malam 28 Agustus 2023.

Baca Juga: BREAKING NEWS: KPK Geledah Ruangan Walikota Bima

"Made Wianta membuat karya kaligrafi tak hanya sebagai tulisan yang indah dalam bentuk huruf, tapi lekukan, goresannya mencerminkan keindahan. Suami saya juga memandang kaligrafi tak hanya indah secara visual. Kaligrafi menjadi sebuah karya yang juga hendak menyuarakan sesuatu," ujar Intan. 

Jumpa pers pameran lukisan Whispering Calligraphy, Remembering Made Wianta yang digelar di Sudakara ArtSpace Senin 28 Agustus 2023. Pameran akan digelar hingga 30 September 2023.
Jumpa pers pameran lukisan Whispering Calligraphy, Remembering Made Wianta yang digelar di Sudakara ArtSpace Senin 28 Agustus 2023. Pameran akan digelar hingga 30 September 2023. Shira Indobalinews

Lebih lanjut diungkapkan Intan, di saat hening bermeditasi sebelum membuat karyanya, Wianta mendengar bisikan kaligrafi (whispering calligraphy) seperti bisikan angin, udara, air yang kemudian menjadi ritme indah yang tertuang di kanvas dari bisikan kaligrafi.

Baca Juga: Jualan Properti di Bali, WNA Kroasia Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Wianta adalah seorang pelukis asal Bali kebanggan Indonesia yang karyanya telah mendunia. Karya-karya kaligrafi Wianta dipamerkan mulai Senin 28 Agustus 2023 hingga 30 September 2023 mendatang di Sudakara AsrtSpace Sanur lewat pameran bertajuk "Whispering Calligraphy".

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x