Pementasan Asmaradana, 'Ketika Cinta Memadamkan Bara': Jadi Ajang Promosi Budaya Indonesia

- 19 September 2023, 05:46 WIB
Ilustrasi pementasan drama Asmaradana.
Ilustrasi pementasan drama Asmaradana. /Dok Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  mengapresiasi pementasan Drama Pewayangan (Drayang) Musikal Asmaradana "Ketika Cinta Memadamkan Bara" sebagai ajang promosi tradisi dan budaya Indonesia.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan drayang ini dipentaskan dalam rangka memperingati HUT ke-48 Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia) pada 20 Agustus 2023 di Gedung Kesenian Jakarta.

Pementasan ini, lanjut Nia, memiliki keunikan di sisi pemilihan bahasa pengantar yang tidak menggunakan bahasa daerah, melainkan menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: Momen Haru, Rayyanza Jemput Mama Gigi di Bandara Usai Pulang dari Korea

"Jadi ini bisa menjadi sarana untuk mempromosikan Indonesia, terutama kekayaan (budaya) dan tentunya pariwisata Indonesia. Karena (pementasan) ini bisa dinikmati oleh orang-orang yang tidak memahami bahasa Jawa dan Sunda," kata Nia Dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin 18 September 2023 daam pernyataan resminya.

Nia mengungkapkan pementasan yang melibatkan 100 pekerja seni ini juga bertujuan untuk memperkuat dan menjaga pengakuan UNESCO yang telah mengesahkan wayang sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia. "Ini membuktikan bahwa Indonesia telah berkontribusi konstruktif dalam membangun peradaban dunia," katanya.

Baca Juga: Viral: Kepala Kameramen Benjol dan Hampir Pingsan Akibat Tendangan Keras Cristiano Ronaldo

Nia juga mengapresiasi kehadiran Senawangi sebagai mitra utama pemerintah dalam melestarikan wayang sebagai tradisi dan budaya asli Tanah Air.

Terlebih, Senawangi juga menjadi satu-satunya organisasi non pemerintah (NGO/non government organization) yang terakreditasi UNESCO.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x