Tarian Barong Bangkung Awali Tradisi Omed-Omedan di Sesetan Denpasar

- 12 Maret 2024, 20:34 WIB
Tradisi Omed omedan yang dilakukan muda mudi Banjar Adat Kaja Sesetan Denpasar setiap ngembak geni atau sehari setelah Nyepi.
Tradisi Omed omedan yang dilakukan muda mudi Banjar Adat Kaja Sesetan Denpasar setiap ngembak geni atau sehari setelah Nyepi. /Kartika Mahayadnya/Denpasar Update

 

INDOBALINEWS - Tradisi Omed-Omedan tetap lestari di Banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan yang berlangsung sehari setelah perayaan Hari Suci Nyepi, tepatnya pada Hari Ngembak Geni.

Tradisi Omed-Omedan tahun 2024 berlangsung pada, Selasa 12 Maret 2024 di depan Banjar Kaja Sesetan, yang diawali pada pagi harinya pembukaan Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival (SHOOF) Tahun 2024 oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara ditandai dengan penancapan Kayonan.

Pada sore harinya, tradisi Omed-Omedan disaksikan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Ketua GOW Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa. Tampak hadir pula, Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar, Nyoman Darsa, Budayawan, Prof. I Made Bandem, Kadis Kebudayaan Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, serta tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga: Bernarkah Pahala Umroh di Bulan Ramadhan, Setara dengan Haji?

Walikota Denpasar saat menghadiri Festival Omed-Omedan di Sesetan Denpasar Seasa 12 Maret 2024.
Walikota Denpasar saat menghadiri Festival Omed-Omedan di Sesetan Denpasar Seasa 12 Maret 2024. Dok Humas Pemkot Denpasar.


Sebelum tradisi Omed-Omedan yang melibatkan Sekaa Teruna (ST) Satya Dharma Kerti, Banjar Kaja Sesetan ini diawali dengan dua tarian Barong Bangkung berwarna hitam dan putih.

Dilanjutkan, ST. Satya Dharma Kerti yang terdiri dari putra dan putri mulai keluar dari lokasi banjar setempat, dan dimulai tradisi Omed-Omedan dengan saling berpelukan, tarik menarik antara putra dan putri disertai dengan siraman air yang menambah semarak suasana.

Wawali Arya Wibawa tampak memberikan apresiasi dan sesekali menggunakan gawai mengabadikan momen tradisi Omed-Omedan. "Kami memberikan Apresiasi pelaksanaan tradisi Omed-Omedan, serta harus terus dijaga di Banjar Kaja, Sesetan," ujar Wawali Arya Wibawa usai menyaksikan Tradisi Omed-Omedan.

Baca Juga: Bukan ke Inter Miami, Bek Timnas Indonesia Justin Hubner Resmi Gabung Klub J League 1

Lebih lanjut disampaikan Tradisi Omed-Omedan hanya ada di Banjar Kaja, Sesetan, dan masih tetap dijaga oleh masyarakat setempat.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x