Jaga Kondisi Ban Kendaraan Niaga, Begini Cara dan Manfaatnya

- 6 April 2021, 12:31 WIB
Memilih ban dan menjaga tekanan angin dengan tepat dapat menekan biaya operasional.
Memilih ban dan menjaga tekanan angin dengan tepat dapat menekan biaya operasional. /Dok. Hankook tyre

INDOBALINEWS – Memilih ban dan perawatan yang tepat dapat menekan biaya operasional dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan, terlebih lagi bagi kendaraan niaga dengan mobilitas tinggi.

National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni salah satu jurus keawetan ban dan keselamatan berkendara adalah dengan menjaga tekanan angin.

Ban yang kekurangan tekanan angin atau under inflation dapat menyebabkan aus yang tidak merata, kerusakan separation (kembung), boros bahan bakar, hingga ban pecah.

Baca Juga: Geely Luncurkan Prototipe Kendaraan Listrik

Baca Juga: Mau Jajal Mobil Listrik di Nusa Dua Bali ? Disini Stationnya

“Ban yang mengalami kelebihan tekanan angin dapat mengurangi traksi, aus yang tidak wajar pada bagian tengah telapak ban, serta rawan terhadap pecah karena benturan,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima Indobalinews, Selasa, 6 April 2021.

Ia menambahkan setiap ban memiliki standar maksimal tekanan angin yang perlu diisi, begitupun standar maksimal beban yang mampu ditopang.

Sebaiknya, pengendara menggunakan ban sesuai dengan standar-standar tersebut agar ban bisa berfungsi optimal dan menghindari risiko kecelakaan.

Baca Juga: Cek Merek Mobil Toyota Motor Corp yang Direcall Ganti Alat Karena Bermasalah

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah