Perlukah Penggunaan VPN untuk Berinternet?

- 22 Juni 2021, 12:48 WIB
Ilustrasi VPN
Ilustrasi VPN /Pixabay/StefanCoders/

INDOBALINEWS - VPN (Virtual Private Network) saat ini mulai sering digunakan oleh kebanyakan orang, bahkan di lembaga pemerintahan sekalipun. VPN berfungsi mengamankan koneksi internet dengan cara mengenkripsinya.

Beberapa jenis VPN yang beredar memang masih ada yang gratis, tetapi jangan salah, keamanan menjadi taruhannya.

Di situs pemerintahan sendiri, penggunaan VPN sudah sangat dianjurkan demi keamanan. Tak sedikit situs-situs pemerintah yang mulai terkena hack akibat minimnya keamanan yang dipasang pada perangkat jaringan internet mereka.

Baca Juga: Tepeng Vokalis Steven & Coconut Treez Meninggal, Menderita Komorbid Sudah 4 Tahun

Inilah yang disampaikan oleh Fadly Arihsan selaku Senior Security Engeneer MAXPLUS dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat Jumat 11 Juni 2021.

Fadly mengibaratkan VPN merupakan jalan tol sementara jaringan internet publik seperti jalan raya umum biasa. Tentu ada keistimewaan dalam menggunakan VPN ketimbang jaringan internet biasa.

“VPN adalah seperangkat teknologi yang digunakan untuk menghubungkan komputer termasuk gadget dan IoT untuk membuat jalur komunikasi atau jaringan pribadi,” terang Fadly.

Baca Juga: Hari Musik Dunia: 30 Miliar Dolar Lenyap Akibat Pembatalan Konser Selama Pandemi 2020

Dijelaskan oleh Fadly, VPN berfungsi sebagai sumber data dimana pengguna harus melakukan autentikasi terlebih dahulu untuk dapat terkoneksi ke dalam jaringannya. VPN ini sendiri bersifat pribadi atau rahasia.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah