Galungan di Masa Pandemi, Umat Hindu Bali Rayakan Kemenangan Kebaikan Melawan Keburukan

- 14 April 2021, 11:46 WIB
Umat Hindu Bali melakukan persembahyangan di Hari Raya Galungan di Pura Besar Jagatnatha Denpasar Bali dengan Prokes, Rabu 14 April 2021.
Umat Hindu Bali melakukan persembahyangan di Hari Raya Galungan di Pura Besar Jagatnatha Denpasar Bali dengan Prokes, Rabu 14 April 2021. /Abiyyu indobalinews

INDOBALINEWS - Di hari Rabu 14 April 2021,  umat Hindu di berbagai daerah di Indonesia tengah merayakan Hari Raya Galungan.

Seperti arti kata harafiahnya dari bahasa Jawa Kuno, Galungan memiliki arti ‘menang’. Selain itu, kata Galungan memiliki makna yang serupa dengan Dungulan yang berarti menang. Galungan memberikan pemahaman bahwa niat dan usaha yang baik selalu akan menang dibandingkan niat dan usaha yang buruk.

"Makna Galungan adalah kemenangan Dharma atas Adharma artinya selama ini kita dalam menjalankan kehidupan tak lepas dari ego dan dari semua hal-hal yang asalnya dari diri kita sendiri yang menjadi penyebab masalah dalam kehidupan," ujar Pemangku Pura Jagatnatha Ida Bagus Saskara kepada indobalinews.com Rabu 14 April 2021.

Baca Juga: Pemberlakuan SIM Online Tak Hapus Pelayanan Mobil SIM Keliling

Baca Juga: Rugi Rp4 Miliar, Kardiana Polisikan Pembeli Lahannya

Ia juga mengatakan bahwa dengan Hari Raya Galungan ini kita disadarkan agar masyarakat masing-masing berbakti dan menyerahkan segalanya kepada Tuhan yang Maha Esa melalui Sang Hyang Widhi Wasa. Sehingga bisa menjalankan kehidupannya dengan lebih baik lagi,

Dijelaskannya juga dengan mempertimbangkan suasana pandemi covid-19 sembahyang di Pura Jagatnatha Denpasar kali ini dibatasi protokol kesehatan (Prokes), yang biasanya ramai hingga antri kini terlihat lebih longgar sepi dari biasanya.

Di Jagatnatha yang biasanya sembahyang bersama dipimpin pemangku, kini untuk menghindari kerumunan, umat Hindu melakukan sembahyang sendiri- sendiri tanpa dipimpin Pemangku Pura. Pemangku pura hanya bertugas memberikan Tirta atau air suci.

Baca Juga: Sah Bikin SIM Tak Perlu Keluar Rumah, Begini Caranya

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x