Kembangkan Obat Tradisional, Gianyar Eksplorasi Lontar Taru Pramana

- 20 April 2021, 13:05 WIB
Seorang warga Gianyar menjelaskan proses produksi obat tradisional yang memanfaatkan berbagai tanaman yang menjadi bahan baku.
Seorang warga Gianyar menjelaskan proses produksi obat tradisional yang memanfaatkan berbagai tanaman yang menjadi bahan baku. /HUmas Pemkab Gianyar

INDOBALINEWS - Pemkab Gianyar bersama PKK mendorong warga mengembangkan tanaman yang dapat digunakansebagai bahan obat tradisional.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya mengatakan pengobatan tradisional atau usadha Bali yang yang termuat dalam Lontar Taru Pramana merupakan pemanfaatan tanaman yang berkhasiat obat atau usadha.

Untuk mengembangkan obat tradisional tersebut pemkab bersama PKK mengajak warga memngeksplorasi warisan leluhur yang terdapat dalam Lontar Taru Pramana tentang pengobatan tradisional.

Baca Juga: Trailer Film 'Kapandung' Diputar Perdana, Mengeksplorasi Tradisi Ilmu Leluhur Bali

Baca Juga: Gianyar Luncurkan Air Minum dalam Kemasan, Memanfaatkan Mata Air yang Disucikan Desa Adat

“Kami senantiasa berupaya membimbing warga untuk mengembangkan tanaman berkhasiat obat,” katanya saat menerima rombongan para staf ahli se-Bali ddi Agrowisata Usadha Puri Damai, Banjar Tunon  Singakerta, Ubud, Selasa 20 April 2021.

Kunjungan ini dalam rangka persiapan Rakorda I Staf Ahli Kepala Daerah se-Bali 2021 yang akan digelar akhir April 2021 dengan tema "Menggalang Kekuatan Ekonomi Masyarakat Bali melalui Pengembangan Obat Tradisional Bali."

Suradnya menjelaskan setelah mendapatkan pengetahuan tentang obat tradisional yang cukup, tim penggerak PKK tingkat kabupaten, kecamatan dan desa akan menularkannya kepada pelaku usaha kecil dan warga tentang pemanfaatan tanaman berkhasiat obat menjadi obat tradisional atau usadha Bali.

Baca Juga: Olahraga Dirgantara Mulai Diminati, FASI Gianyar Gelar Kompetisi Drone

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x