KM Liberty 1 Tenggelam di Perairan Utara Bali, 6 Selamat dan 9 Masih Hilang

- 26 Oktober 2021, 21:43 WIB
Tim SAR saat melakukan pencarian di hari Selasa 26 Oktober 2021 terhadap 9 orang ABK Km Liberty 1 yang tenggelam di Perairan Utara Bali.
Tim SAR saat melakukan pencarian di hari Selasa 26 Oktober 2021 terhadap 9 orang ABK Km Liberty 1 yang tenggelam di Perairan Utara Bali. /Dok Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) melakukan pencarian terhadap 9 orang ABK KM Liberty 1 yang masih hilang pada Selasa pagi, 26 Oktober 2021.

Pencarian dilakukan dengan mengerahkan Kapal Negara SAR Arjuna 229 dengan 17 orang ABK dan lima orang Tim Rescue.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar, Gede Darmada, S.E.,M.AP. menerangkan bahwa KM Liberty 1 lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Jumat 22 Oktober 2021 pukul 00.07 Wib dini hari menuju Reo Flores NTT.

Baca Juga: Kerja Bareng Dunia Usaha dan Pelaku Pariwisata Bali Bantu Pulihkan Ekononomi Daerah

"Namun pada Sabtu 23 Oktober 2021 pukul 22.07 Wita kapal yang berjenis cargo ini tenggelam karena dihantam badai di perairan utara Bali," ujar Darmada Selasa 26 Oktober 2021.

Lebih lanjut Darmada mengatakan sebelumnya KM Liberty 1 sempat merubah halauan dari timur menuju barat.  Sayangnya kapal dalam posisi miring. Seluruh kru kapal kemudian loncat dan menyelamatkan diri menggunakan life jacket dan melepaskan dua buah liferaft ke laut.

Baca Juga: Diduga Motif Asmara, Polisi Tembak Polisi di Lombok Timur

"Pada hari Senin, 25 Oktober 2021 pukul 12.20 Wita LCT Dipasena Dua rute Jakarta menuju Banete Sumba Barat menyelamatkan liferaft KM Liberty 1 dengan enam orang POB pada Koordinat 7°27.871'S - 115°32.984' E.

LCT Depasena Dua kemudian melakukan pencarian di sekitar liferaft yang ditemukan. Adapun  enam orang yang selamat diantaranya, Jacobus Wolonterry (Nakhoda), David Makatita (Masinis III), Arif Budi Ruhul L (Juru Mudi), Muhamad Jufri (Juru Mudi), Hanli Kiuk (Juru Minyak) dan Muhammad Ali (KKM). Sementara 9 orang yang masih dalam upaya pencarian antara lain, Dwi Harmianto (Mualim I), Khoirul Hudha (Mualim II), Rizki Adi Tama (Masinis II), Jeri Jepri (Juru Mudi), Sebastian Saga (Juru Minyak), Rivaldy Refly M (Juru Minyak), Matheis Maoni Teo (Serang), Petrus Rumahlewang (Opt Crane) dan Hadiq Zain (Koki).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x