Menko Marves Luhut Senang Lihat Fasilitas Budidaya Udang Ultra Intensif dan Penebaran Benur di Bali

- 26 Februari 2022, 04:44 WIB
Menko Marvest Luhut Pandjaitan mengunjungi INAP di Jembrana Bali Jumat 25 Februari 2022.
Menko Marvest Luhut Pandjaitan mengunjungi INAP di Jembrana Bali Jumat 25 Februari 2022. /Dok Kemenko Marvest

INDOBALINEWS - Pemerintah saat ini sedang menggalakkan peningkatan produksi Udang sebagai salah satu komoditas strategis perikanan.

Produk udang memegang porsi hampir 40% dari total ekspor perikanan Indonesia dalam kurun 5 tahun terakhir dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara utama pengekspor udang di dunia. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan mengungkapkan hal tersebut saat berkunjung ke Fasilitas dan Penebaran Benur Udang Vaname di Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) di Kabupaten Jembrana Bali jumat 25 Februari 2022.

Baca Juga: Sambut KTT G20, Menko Luhut Pastikan Bali Akan Bersih dan Bebas dari Sampah

"Saya senang ke sini (INAP), bahwa kita bisa bikin seperti ini. Paten dan harus dikembangkan, sehingga anak-anak kita putra-putri Indonesia itu terpacu untuk melakukan inovasi seperti ini. Dalam hal ini Pemerintah akan bantu itu,” ungkapnya. 

INAP diketahui merupakan program pengembangan budidaya udang dengan teknologi buatan dalam negeri yang diinisiasi TNI Angkatan Laut (AL) bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Pemerintah Daerah (Pemda), pihak swasta dan beberapa pihak lainnya. 

Baca Juga: Sambut Wisatawan Asing di Bali, Menko Luhut Tinjau Kesiapan Fasilitas Kesehatan

Menko Luhut berharap kegiatan budidaya udang ini menjadi sangat prospektif untuk dikembangkan, dengan melibatkan semua pelaku usaha ataupun kelompok masyarakat dengan salah satunya meningkatkan UMKM. 

“Saya tentunya menaruh harapan yang sangat besar agar program ini dapat terus berjalan dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat yang sangat besar, tidak saja dilihat dari muatan inovasi teknologinya, namun juga bagaimana berkontribusi untuk pemberdayaan masyarakat pesisir dan pertumbuhan ekonomi di daerah. Jadi nanti UMKM itu yang paling banyak juga menikmati karena ekonomi itu paling kuat adalah UMKM ini,” tambahnya. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x