Dampak Siklon Tropis Anika, Warga NTT Diimbau Waspadai Potensi Angin Kencang

- 26 Februari 2022, 20:20 WIB
Angin kencang disertai hujan deras.
Angin kencang disertai hujan deras. /Indramawan

INDOBALINEWS – Siklon tropis Anika yang terjadi di wilayah Australia berpotensi menimbulkan angin kencang di Wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono Abadi mengimbau warga NTT mewaspadai potensi angin kencang tersebut.

"Siklon Tropis Anika terpantau muncul di sebelah Barat Laut Australia dan bergerak semakin menjauh dari Indonesia namun keberadaan siklon ini berdampak mempengaruhi pola cuaca di wilayah NTT yaitu meningkatnya kecepatan angin yang perlu diwaspadai," katanya dikutip dari Antaranews, Sabtu 26 Februari 2022.

Baca Juga: Diserang Rudal dan Artileri Rusia, Warga Ukraina Diminta Ikut Berperang

Agung Sudiono mengatakan kondisi atmosfer saat ini cukup mendukung dalam peningkatan sistem antara lain aktifnya fenomena gelombang atmosfer yaitu Madden Julian Oscilation (MJO), Gelombang Equatorial Rossby.

Selain itu didukung pula dengan kelembaban udara yang cukup basah di setiap lapisan atmosfer serta suhu yang hangat.

Berdasarkan model prediksi BMKG, kata dia menunjukkan pergerakan siklon tropis Anika bergerak menuju ke arah selatan dan tenggara, semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: Liga Inggris: Prediksi Pertandingan dan Head to Head Manchester United vs Watford 

Kendati demikian, kata dia keberadaan sistem ini mempengaruhi pola cuaca di wilayah NTT berupa peningkatan kecepatan angin maupun hujan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi secara sporadis dan dapat disertai petir.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x