Gempa Tektonik di Bali Dirasakan Hingga ke Pulau Lombok dan Bima

- 22 Agustus 2022, 19:12 WIB
Gempa bumi berkekuatan M 5,8 guncang Bali dan dirasakan di Pulau Lombok.
Gempa bumi berkekuatan M 5,8 guncang Bali dan dirasakan di Pulau Lombok. /Twitter.com/@infoBMKG

INDOBALINEWS - Gempa bumi Magnitudo 5,7 di Pantai Selatan Klungkung Bali yang terjadi pada Selasa 22 Agustus 2022 pukul 16:36:33 Wita dirasakan hingga ke Pulau Lombok dan Sumbawa.

Dari laporan BMKG tak lama setelah gempa diketahui getaran dirasakan di daerah Badung, Denpasar, Klungkung, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

"Sementara di daerah Buleleng, Karangasem, Gianyar, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu )," demikian yang dilaporkan BMKG.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,8 Guncang Kuta Selatan Bali

Dilaporkan juga dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi di wlayah Pantai Selatan Klungkung Bali ini tidak berpotensi tsunami.

Seperti diberitakan sebelumnya pada hari Senin 22 Agustus 2022 pukul 15.36.33 WIB wilayah Pantai Selatan Klungkung, Bali diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,36° LS ; 115,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 Km arah Selatan Nusapenida, Klungkung, Bali pada kedalaman 134 km.

Baca Juga: Dugaan Tipikor Rp78 Triliun, Ini Aset Surya Darmadi di Bali yang Disita Kejagung

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," demikian hasil laporan BMKG.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x