Minimalisir Lolosnya WNA Daftar Cekal, 60 Autogate Bakal Dipasang di Bali: Begini Cara Kerjanya

- 7 Agustus 2023, 21:49 WIB
Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (Kabid TPI Bandara Ngurah Rai Raja Ulul Azmi) (kanan) saat menjelaskannya soal Autogate yang bakal ditempatkan di Bandara Ngurah Rai Bali.
Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (Kabid TPI Bandara Ngurah Rai Raja Ulul Azmi) (kanan) saat menjelaskannya soal Autogate yang bakal ditempatkan di Bandara Ngurah Rai Bali. /Dok Ridwan

INDOBALINEWS - Untuk meminimalisir perlintasan dokumen palsu dan lolosnya WNA atau Warga Negara Asing yang sudah masuk daftar cekal ke Bali, TPI Bandara Ngurah Rai akan memasang Autogate.

Menurut Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi atau Kabid TPI Bandara Ngurah Rai Raja Ulul Azmi terkait hal ini pihaknya bakal memasang 60 Autogate.

Autogate merupakan sarana pemeriksaan Keimigrasian melalui pintu perlintasan otomatis bagi setiap WNI atau Warga Negara Indonesia maupun WNA atau Warga Negara Asing yang berkeinginan akan masuk dan keluar wilayah Indonesia.

Baca Juga: Rokok Tanpa Pita Cukai Marak, Sebanyak 1,4 Juta Batang Diamankan Pihak Bea Cukai Semarang

"Untuk membuka pintu tersebut, terlebih dulu diperlukan prosedur pemindaian paspor, lalu letakkan halaman biodata paspor pada mesin scanner. Selanjutnya, ada proses autentifikasi terdiri dari pemindaian sidik jari dan wajah yang tersedia pada peralatan Autogate. Setelah selesai verifikasi, maka pintu Autogate akan terbuka dan silakan melanjutkan perjalanan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi atau Kakanim Ngurah Rai Sugito menyampaikan bahwa di semester pertama tahun 2023, ada 536 orang WNI atau Warga Negara Indonesia yang ditunda keberangkatan keluar negeri, karena diduga akan bekerja secara Non Prosedural.

Baca Juga: Rokok Tanpa Pita Cukai Marak, Sebanyak 1,4 Juta Batang Diamankan Pihak Bea Cukai Semarang

"Selain itu, WNA atau Warga Negara Asing juga kami tolak kedatangannya ke Indonesia, karena selective policy selama periode 23 Januari hingga 23 Juli 2023 yang berjumlah 696 orang," beber Sugito.***

 

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah