Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot Satuan Pol Airud Bantu Rubber Boat saat Air Laut Pasang

- 16 Agustus 2023, 18:26 WIB
Pujawali Di Pura Luhur Tanah Lot Satuan Pol Airud Bantu Rubber Boat saat Air Laut Pasang Rabu 16 Agustus 2023.
Pujawali Di Pura Luhur Tanah Lot Satuan Pol Airud Bantu Rubber Boat saat Air Laut Pasang Rabu 16 Agustus 2023. /Dok Humas Polres Tabanan

 

INDOBALINEWS - Rangkaian upacara Pujawali berlangsung pada Rabu 16 Agustus 2023 di Pura Luhur Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Satuan Pol Airud Polres Tabanan yang dipimpin Kasat Pol Airud Polres Tabanan mengamankan masyarakat dengan memberikan himbauan Kamtibmas kepada para pemedek atau masyarakat yang akan bersembahyang.

Pada saat air laut pasang seperti pada pukul 09.00 wita dimana pelaksanaan upacara Pujawali harus sudah dimulai, personil satuan Pol Airud Polres Tabanan bersama dengan lifeguards, dan Pecalang Pura luhur Tanah Lot, membantu para pengempon Pura, pemangku dan penganceng dari Puri Kediri serta pengenter karya, menyeberangkan dengan menggunakan rubber boat.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes S.H., S.I.K., M.H., Kasat Pol Airud Polres Tabanan AKP I Nyoman Artadana, S.H , M.H., mengatakan bahwa pengamanan oleh satuan Pol Airud saat air pasang ini dengan menyiagakan dua buah rubber boat, dan dua unit personil satuan Pol Airud Polres Tabanan.

Baca Juga: Digawangi Musisi Indonesia dan USA, Band REOG Bakal Tampil di Bali

"Pengamanan dilakukan khususnya di pantai bersama sama dengan Pecalang dan lifeguards DTW Tanah lot. Selain itu peralatan bantuan berupa baju keselamatan (life jacket) juga disiagakan," kata Kasat Pol Airud Polres Tabanan.

Kasat Pol Airud juga menjelaskan bahwa penggunaan rubber boat hanya pada saat air pasang saja yang berlangsung dari pukul 07.00 sampai dengan 13.00 wita. Hal ini dilakukan adalah untuk memperlancar jalannya upacara Pujawali yang diselenggarakan oleh panitia Karya.

Yaitu mengantarkan sulinggih/pendeta yang muput, pengenter karya, pengempon Pura dan penganceng Pura luhur Tanah Lot dari Penglingsir Puri Kediri bersama keluarga. Sedangkan untuk semua pemedek diharapkan melakukan persembahyangan di Pura Penyawangan Pura luhur Tanah Lot, selama air laut dalam keadaan pasang". Jelas Kasat Pol Airud Polres Tabanan.

Baca Juga: Retribusi Rp150 Ribu Bagi WNA Masuk Bali, Begini Kata Pengamat Ekonomi Prof Gede Sri Darma

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x