Gempa Bumi Tektonik M 3,1 di Badung, Dirasakan Kuat di Kuta dan Denpasar

- 21 Agustus 2023, 23:55 WIB
Gempa skala M 3,1 terjadi di Badung pada Senin malam 21 Agustus 2023 pukul 23.37 Wita.
Gempa skala M 3,1 terjadi di Badung pada Senin malam 21 Agustus 2023 pukul 23.37 Wita. /Dk BMKG

INDOBALINEWS - Gempa bumi berkekuatan M 3,1 terjadi pada 7 km Barat Daya Badung Bali puku 22:37 WIB atau 23:37 Wita dan tidak bepotensi tsunami.

Akibat gempa dengan kedalaman 11 km ini dirasakan cukup kuat di wilayah Jimbaran, Kuta dan Denpasar sekitarnya.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M 3,1 ini berepisenter pada koordinat 8,65° LS; 115,17° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km barat Badung, Bali.

Baca Juga: Viral Pesan Berantai Ada Begal di Taman Pancing, Ini Penjelasan Kapolresta Denpasar

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat," demikian hasil analisa BMKG.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta dan Denpasar II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga Senin tengah malam belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: 7 Hari Hilang, Kakek 80 Tahun Ditemukan di Bawah Pohon Bambu dalam Jurang

Hingga hari Senin, 21 Agustus 2023 pukul 23.44 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.***

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x