Puluhan Ribu Sarjana Nganggur di NTB

- 24 September 2023, 09:43 WIB
Pameran UMKM di Nusa Dua Bali
Pameran UMKM di Nusa Dua Bali /Saifullah IndoBaliNews

INDOBALINEWS - Angka pengangguran di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 80 ribu lebih, terbanyak adalah mereka yang lulus dari lembaga pendidikan tinggi. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, I Gede Putu Aryadi mengatakan sesuai data BPS pada Agustus 2022 jumlah angkatan kerja di NTB 2,80 juta orang dengan penduduk yang bekerja 2,72 juta orang. 

Artinya sisa 2,89 persen adalah pengangguran atau sebanyak 80 ribu orang dan terbanyak adalah lulusan perguruan tinggi. 

Baca Juga: Tuksedo Studio Produksi Porsche hingga Maserati Klasik di Bali, Sandiaga Uno: Patut Diapresiasi dan Didukung

"Rata-rata kenaikan jumlah angkatan kerja baru per tahun 60 ribu jiwa, sementara pertambahan kesempatan kerja tidak seimbang," ujarnya, dikutip dari Antaranews. 

Kesempatan kerja di NTB mayoritas adalah pekerja informal, pekerja rentan, dengan persentase 75,36 persen yaitu 2,05 juta orang dan hanya 600 ribuan orang yang bekerja di sektor formal. 

Berdasarkan data Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan online, diketahui ada 12 ribu perusahaan di NTB dan 9.000 merupakan perusahaan mikro. Sementara perusahaan menengah dan besar hanya 726 perusahaan menengah, kurang dari 500 perusahaan besar dan sisanya tidak teridentifikasi. 

Baca Juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Kemenkominfo Siapkan Beragam Cara Hadapi Era Persaingan Dagang Digital

Menurut dia, pada umumnya para pencari kerja khususnya angkatan kerja baru kebanyakan ingin menjadi PNS atau karyawan di perusahaan saja. Mereka belum begitu berpikir untuk membuka peluang usaha atau kesempatan kerja mandiri. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x