Ungkap Kasus Kejahatan Berbasis DNA, Begini Strategi Polda Bali

- 6 November 2023, 17:05 WIB
Personel Polda Bali dan tim tengah mengupdate Aplikasi Sistem Informasi Pemeriksaan Perkara di Bidlabfor Polda Bali atau 'Siap Bali'.
Personel Polda Bali dan tim tengah mengupdate Aplikasi Sistem Informasi Pemeriksaan Perkara di Bidlabfor Polda Bali atau 'Siap Bali'. /Dok Humas Polda Bali

 

INDOBALINEWS - Dalam rangka meningkatkan kemampuan Bidlabfor Polda Bali, untuk mendukung pengungkapan kasus kejahatan menggunakan identifikasi profil DNA, Kabid Humas Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., menyampaikan beberapa upaya strategis telah dilakukan.

Upaya pada tahap jangka pendek proyek perubahan yang digagas oleh Project Leader AKBP Imam Barnadi, S.T., M.Si dengan Mentor Kabidlabfor Polda Bali Kombes Pol Sugeng Hariyadi, S.I.K, M.H., pada Senin 6 November 2023.

Aplikasi Sistem Informasi Pemeriksaan Perkara di Bidlabfor Polda Bali / "Siap Bali" yang dilaunching pada bulan September 2022 tersebut, saat ini diperbaharui dengan tampilan antar muka pengguna yang lebih menarik, informatif, interaktif dan modern.

Baca Juga: Libra Jangan Marah! Ada Keberuntungan Scorpio dan Sagitarius, Simak Ramalan Zodiak Senin, 6 November 2023

Selain itu aplikasi tersebut juga berfungsi sebagai instrumen kontrol penanganan barang bukti, sesuai Perkabareskrim No.1 Tahun 2022. Alur registrasi pemeriksaan barang bukti disederhanakan dan dipermudah dengan penambahan fitur QR Code.

Dengan demikian diharapkan barang bukti DNA yang dikirim penyidik ke Bidlabfor memiliki selektifitas dan kualitas yang baik sehingga dapat mendukung pembangunan Basis Data DNA.

Baca Juga: Viral, Duel Bikers Harley Davidson dan Ninja di Bali, Berakhir Damai

Dengan menggunakan sumber daya internal, Bidlabfor Polda Bali berhasil mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Basis Data DNA Bidlabfor Polda Bali / "Sinar Bali", sebagai rintisan awal dalam membangun Basis Data DNA untuk mengidentifikasi profil DNA tidak dikenal yang ada di TKP maupun barang bukti.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah