Menkop UKM Teten Minta Presiden Jokowi Tolak Platform Digital Temu dari China Masuk Indonesia

- 21 November 2023, 19:10 WIB
Menkop UKM Teten masduki di Nusa Dua Bali 21 November 2023
Menkop UKM Teten masduki di Nusa Dua Bali 21 November 2023 /INDOBALINEWS/iful

 

 


INDOBALINEWS - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan ada platform digital baru dari Negara China bernama aplikasi "Temu" yang menghawatirkannya.

Bahkan sampai minta kepada Presiden Jokowi agar menolak platform digital baru dari Negara China tersebut masuk Indonesia.

"E-commerce platform digital ini terus evolusi, terus mutasi, dengan TikTok kita mulai kewalahan, (sekarang ) ada platform baru dari China juga yang lebih canggih dan efisien dia terhubung dengan 25 pabrik di China, ini lagi-lagi consumer goods (barang jadi) langsung dari China ke konsumen tidak lagi lewat reseller tidak ada lagi affiliator tidak ada distributor," kata Menteri Teten, saat memberikan sambutan di acara Rapat Koordinasi Nasional KUMK, di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa 21 November 2023.

UmkmBaca Juga: Haleema, Ambil Manfaat Ikut Trade Expo di Indonesia Convention Exhibition, Bantu UMKM

Ditambahkan Teten, aplikasi tersebut sudah masuk ke beberapa negara di Asia. "Tapi saya sudah bilang ke Bapak Presiden. Pak ini jangan sampai masuk ke Indonesia, kalau masuk UMKM saya tidak bisa bersaing kalau produksi kita lumpuh, pengangguran meningkat daya beli turun. Kita mungkin tidak bisa lima persen tumbuh ekonomi padahal kita butuhnya tujuh persen," jelasnya.

Ia mengatakan, bahwa bila aplikasi tersebut masuk ke Indonesia pasti akan menghilangkan banyak rantai distribusi dan akan banyak kehilangan lapangan kerja di Indonesia.

"Termasuk juga produknya akan lebih efesien sehingga juga produk-produk
consumer goods kita tidak mungkin bisa bersaing. Nah ini, kan kita harus protek, karena kita sebelum bisa melahirkan ekonomi baru orang yang bekerja di sektor
consumer goods kita harus proteksi. Jangan sampai mereka menjadi pengangguran, sebelum kita bisa menggantikan lapangan kerja baru," ujarnya.

Baca Juga: MenkoperasiUKM Teten Masduki, Mendagri, BUMN dan Kemenparekraf Bantu UMKM Naik Kelas

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x