Polresta Denpasar Gelar Simulasi Pengamanan TPPS Pemilu 2024

- 28 Januari 2024, 15:47 WIB
Polresta Denpasar menggelar simulasi pengamanan TPPS jelang Pemilu 2024.
Polresta Denpasar menggelar simulasi pengamanan TPPS jelang Pemilu 2024. /Dk Humas Polresta Denpasar

INDOBALINEWS - Polresta Denpasar menyelenggarakan simulasi pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Halaman Mapolresta Denpasar. Kapolresta Denpasar, Kombes. Pol. Wisnu Prabowo, S.I.K., M.M., memimpin langsung latihan tersebut.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua KPU Kab. Badung, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, KPU Kota Denpasar diwakili Anggota KPU Kota Denpasar Divisi Teknis Penyelenggaraan, Megawati Purnama Sari Wijaya.

Juga Bawaslu Kota Denpasar diwakili Komisioner Bawaslu Kota Denpasar Dewa Ayu Agung Manik Oktarini, SE, dan Bawaslu Kab. Badung diwakili Komisioner I Wyn Semare Cipta. Para PJO Mantap Brata, Kapolsek Jajaran, serta personil yang terlibat dalam pengamanan tahap pungut-hitung turut serta.

Baca Juga: Siaran Langsung Piala Asia 2023 Timnas Indonesia vs Australia, Tayang di RCTI, Minggu 28 Januari 2024

Simulasi dimulai dengan pembukaan oleh MC, menggambarkan tahap puncak pemilu 2024 di wilayah hukum Polresta Denpasar, memasuki pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS seluruh daerah hukum Polresta Denpasar pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sebelum menuju TPS, personil diberikan pengarahan tentang tugas sesuai panduan TPS. Simulasi mencakup pungut suara dan hitung suara dengan melibatkan KPPS, saksi calon Capres/Cawapres, calon DPD, dan 18 partai politik, serta PPL dan pengawas.

Diasumsikan bahwa personil Polri dan Linmas telah hadir di lokasi TPS sebelum pukul 05.00 WITA. Pada pukul 06.30 WITA, petugas KPPS, ketua KPPS, saksi-saksi, dan pengawas tiba di TPS, membuka rapat pemungutan suara, mengambil sumpah, dan menjalankan pungut suara.

Baca Juga: Dugaan Tipilu Kades Terancam 1 Tahun Penjara, FKKD Lotim Protes, Ancam Besok Demo di Kantor Bawaslu

Kegiatan pungut suara/pencoblosan di mulai, secara bergantian warga melaksanakan pencoblosan dimana sebelum keluar dari TPS pemilih mencelupkan jari kelingking ke tinta pemilu sebagai tanda bukti telah mencoblos.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x