Usai Nyepi di Bali: Beri Rasa Aman di Hari Raya Ngembak Geni, Polres Badung Tingkatkan Patroli

- 12 Maret 2024, 10:58 WIB
Personel polisi tengah menyapa wisatawan selagi berpatroli di HAri Ngembak Geni selesai perayaan Nyepi di Bali termasuk di lokasi destinasi wisata di Badung Selasa 12 Maret 2024.
Personel polisi tengah menyapa wisatawan selagi berpatroli di HAri Ngembak Geni selesai perayaan Nyepi di Bali termasuk di lokasi destinasi wisata di Badung Selasa 12 Maret 2024. /Dok Humas Polres Badung

INDOBALINEWS - Usai Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Bali melaksanakan ritual Ngembak Geni yang menjadi tahapan seperti ritual lainnya Melasti dan Tawur Kesanga sebelumnya.

Ngembak Geni dilaksanakan sehari setelah Hari Raya Nyepi, atau pinanggal ping kalih Sasih Kadasa Tahun Caka. Ngembak Geni juga menjadi penanda berakhirnya catur brata penyepian yang telah dilaksanakan umat Hindu di Bali sehari sebelumnya.

Ngembak Geni dilakukan dengan memanjatkan doa untuk memohon semoga Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Ngembak Geni kemudian dimanfaatkan para pemedek untuk melakukan persembahyangan kemudian dilanjutkan dengan pelukatan.

Biasanya umat Hindu juga akan melakukan Dharma Shanti pada hari Ngembak Geni. Hal ini dilakukan dengan mengunjungi keluarga, kerabat, dan tetangga untuk saling memaafkan atas segala kesalahan yang telah atau mungkin terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Liga 1: Jelang Derby Jateng Lawan PSIS Semarang, Persis Solo Risau Belum Dapat Kepastian Venue

Untuk meningkatkan rasa aman di Hari Ngembak Geni Polres Badung meningkatkan patroli pengamanan. Dipimpin Bripka I Gusti Putu Wira Jaya, SH personel Satsamapta Polres Badung melaksanakan kegiatan patroli di sejumlah penggal jalan dan objek vital, yakni di jalan Raya Denpasar - Gilimanuk, Denpasar - Singaraja dan obyek wisata Taman Ayun maupun obyek wisata Batu Bolong Canggu serta obyek wisata lainnya di wilayah Polres Badung, Bali Selasa 12 Maret 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, khususnya dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Dalam pelaksanaan patroli ini, 3 personel Samapta Polres Badung berinteraksi dengan petugas keamanan setempat memberikan arahan, serta mengajak mereka untuk selalu waspada terhadap potensi tindak kejahatan.

Baca Juga: MPL ID Season 13: Tazz Pindah ke AE, EVOS Jadi Klasemen Bawah

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x