Mengenal Layanan SI PRIMA E-Rapor yang Inovatif untuk Anak PAUD

- 27 Maret 2024, 11:05 WIB
Sosialisai SI PRIMA untuk anak PAUD oleh guru TK Negeri Pembina Denpasar Rabu 27 Maret 2024.
Sosialisai SI PRIMA untuk anak PAUD oleh guru TK Negeri Pembina Denpasar Rabu 27 Maret 2024. /Dok Tista

 

INDOBALINEWS  - Perkembangan teknologi turut memengaruhi aspek pendidikan di Indonesia, termasuk jenjang yang paling dasar. Tidak dapat dihindari penyesuaian pemanfaatan teknologi untuk dapat digunakan oleh tenaga pendidik di sekolah perlu untuk dilakukan.

Melihat hal tersebut, Ida Ayu Cintiya Nurina, S.Pd., M.Pd., bersama tim mengambil inisiatif menghadirkan SI PRIMA untuk dapat digunakan oleh guru-guru di lembaga PAUD se-Indonesia.

SI PRIMA (Sistem Informasi Penilaian Rapor PAUD pada Kurikulum Merdeka) ditujukan sebagai platform inovatif yang dikembangkan khusus untuk mendukung guru-guru PAUD dalam proses penilaian dan penyusunan laporan perkembangan anak didik.

Baca Juga: Polresta Denpasar Buka Program Mudik Gratis 2024, Ini Rute yang Bakal Dilayani, Warga Jawa Timur Siapkan Diri

Tahun sebelumnya, SI PRIMA mulai dikenalkan kepada berbagai sekolah dan guru, sudah ada sebanyak lebih dari 50 lembaga yang menggunakannya. Di tahun ini pula SI PRIMA terus mengembangkan diri dengan tujuan bisa membantu dan digunakan lebih banyak sekolah di Indonesia.

“Ide awalnya di 2020, saya bersama tim terus mengembangkan dan memperbaharui sistem dan fitur SI PRIMA untuk semakin mudah digunakan oleh siapa saja. SI PRIMA sudah mulai digunakan sejak tahun 2022 ketika implementasi Kurikulum 13. Kemudian mengikuti dan menyesuaikan pada penggunaan Kurikulum Merdeka saat ini,” tutur Dayu Cintiya yang berprofesi sebagai Guru di TK Negeri Pembina Denpasar Rabu 27 Maret 2024.

Dayu Cintiya dan tim aktif menyosialisasikan SI PRIMA melalui kegiatan daring dan luring ke berbagai daerah. Dirinya yang merupakan guru di TK Negeri Pembina Denpasar, mengajak sekolah-sekolah di Bali untuk hadir dan berlatih menggunakan SI PRIMA secara luring di beberapa kesempatan.

Baca Juga: Liga 1: Stefano Cugurra Sebut Tim Ini yang Akan Berikan Tekanan Berat Pada Bali United

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan mengenai fitur terbaru SI PRIMA telah dilaksanakan di beberapa lokasi khususnya di Bali seperti Mengwi, Abiansemal, Busungbiu, Gianyar, Tabanan, Denpasar, Karangasem, serta di luar bali seperti di Banyuwangi, Jawa Timur, Kecamatan Tegalsari dan sekitarnya, juga sekolah di Kalimantan Selatan. Terakhir, pelatihan di Abiansemal, Badung dilakukan 27 Januari 2024 dengan kurang lebih 100 peserta yang berpartisipasi.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah