Perekonomian Meningkat, Optimisme Konsumen di Bali Lebih Tinggi Dibanding Nasional

- 13 Oktober 2023, 09:20 WIB
Ilustrasi Bali.
Ilustrasi Bali. /Pixabay/arnoldus/

 

INDOBALINEWS - Survei Konsumen Bank Indonesia pada September 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi di Provinsi Bali meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di bulan September 2023 tercatat sebesar 138,3 yang tetap terjaga pada area optimis (indeks > 100) atau lebih tinggi dibandingkan dengan IKK bulan sebelumnya yang mencapai 137,3.

Optimisme konsumen di Bali tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan Nasional yang juga mencatatkan IKK Nasional pada area optimis (indeks > 100) sebesar 121,7.

Baca Juga: Pj. Gubernur Mahendra Jaya Ungkap Konsep Pemuliaan Air di SMC World Water Forum

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan bahwa meningkatnya keyakinan konsumen di Bali pada September 2023 merupakan hasil upaya dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan dalam menjaga kestabilan harga barang dan/atau jasa selama periode laporan.

"Berdasarkan rilis data BPS Provinsi Bali, inflasi gabungan dua kota di Provinsi Bali (Denpasar dan Singaraja) pada September 2023 tercatat cenderung stabil yakni mengalami deflasi sebesar –0,03% (mtm) atau lebih rendah dibandingkan nasional yang mengalami inflasi sebesar 0,19% (mtm)," ujar Erwin dalam pernyataan resminya Jumat 13 Oktober 2023.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Persebaya Surabaya Incar Gustavo Almeida, Arema FC Minati Ze Valente, Buka Opsi Barter

Lebih lanjut, tetap terjaganya optimisme konsumen di Bali ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yakni masing-masing sebesar 130,2 dan 146,3.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x