Kondisi Ekonomi Membaik, Tren Kinerja Penjualan Eceran di Bali Meningkat

- 12 November 2023, 14:10 WIB
Erwin Soeriadimadja, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali.
Erwin Soeriadimadja, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali. /Dok Kabar Banten PRMN

 

INDOBALINEWS - Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Erwin Soeriadimadja menyampaikan tren peningkatan kinerja penjualan eceran di Bali terus terjadi dalam 8 (delapan) bulan terakhir.

Kenaikan ini sejalan dengan membaiknya kondisi perekonomian Bali yang tercermin dari ekonomi pada triwulan III 2023 yang tumbuh sebesar 5,35% (yoy).

"Selain itu, peningkatan penjualan eceran juga seiring dengan mulai masuknya persiapan libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan akhir tahun," ujar Erwin dalam pernyataan resmnya yang dikutip Minggu 12 November 2023.

Baca Juga: Heboh Rumput JIS Tidak Bagus, Arya Sinulingga: Timnas Inggris Buat 10 Gol karena Lapangan Bagus

Lebih lanjut dikatakannya kinerja penjualan eceran di Provinsi Bali pada Oktober 2023 diprakirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali Oktober 2023 yang diprakirakan sebesar 105,4 atau secara bulanan meningkat 0,7% (mtm) dibandingkan dengan periode September 2023 yang tercatat sebesar 104,7.

Peningkatan kinerja penjualan eceran Bali pada periode laporan juga sejalan dengan kondisi nasional yang mengalami kenaikan sebesar 2,6% (mtm).

Baca Juga: Israel Siap Evakuasi Bayi-bayi dari Rumah Sakit di Gaza di Tengah Perang yang Masih Berkecamuk

Erwin juga menambahkan meningkatnya kinerja penjualan eceran di Bali didorong oleh kenaikan pada sebagian besar kelompok barang terutama kelompok barang budaya dan
rekreasi 4,3% (mtm).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x