Wakil 5 Universitas Lolos Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023

- 2 Desember 2023, 16:01 WIB
Salah satu peserta dari 5 Universitas di Indonesia yang lolos Top 3 Top Pertamuda Seed and Scale 2023.
Salah satu peserta dari 5 Universitas di Indonesia yang lolos Top 3 Top Pertamuda Seed and Scale 2023. /Dok Jenny

INDOBALINEWS - 10 Peserta dari 5 Universitas di Indonesia lolos Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023 yang dijajagi 3 investor untuk investasi lanjutan. Kelima universitas ersebut adalah UNS, ITB, Unair, ITS dan UPN Jogja.

Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023 dari masing – masing kategori diumumkan Pertamina pada acara Awarding Night, Rabu 29 November 2023 di The Patra Resort and Villas. Mereka memperebutkan dana pembinaan dengan total nilai Rp 405 juta.

Top 3 tersebut adalah Iotanic dari Universitas Sebelas Maret, Mengasihi dari Universitas Institut Teknologi Bandung, Smartpath dari UPN Veteran Yogyakarta untuk kategori early stage startups. Sedangkan untuk kategori energi founder pemenangnya adalah Gelatah dari Universitas Airlangga, Panzo dari Institut Teknologi Sepuluh November, dan Winergy dari Institut Teknologi Bandung.

Baca Juga: Link Live Streaming Barito Putera vs Borneo FC Nonton Gratis BRI Liga 1, Tayang di Indosiar

VP Stakeholder Relations & Management selaku Pjs Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, Pertamuda atau Pertamina Muda Seed & Scale adalah sebuah program dari Pertamina yang merupakan kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia, terbuka untuk ide bisnis dengan berbagai sektor yang berimplementasi pada pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Pertamuda, Energizing Your Future adalah sekuel ketiga di tahun 2023. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2023 ini ada 2 kategori yaitu Early Stage Startups dan Energy Founder.

Baca Juga: Ramalan Kesehatan Karier Zodiak Aries, Taurus dan Gemini, Sabtu, 2 Desember 2023

Early Stage Startup, yaitu kategori kompetisi untuk bisnis rintisan, dapat berupa bisnis yang masih berada pada tahap ideasi atau bisnis pada tahap awal yang masih bergantung pada seed funding (pendanaan awal). Energy Founder, yaitu kategori kompetisi yang diperuntukan khusus bagi founder dengan ide bisnis bidang energi.

Pertamuda 2023 telah melalui serangkaian acara, diantaranya, pelaksanaan Kick Off pada 30 Agustus lalu, dilanjutkan dengan Workshop Series. Selanjutnya, dari semua pendaftar Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda 2023, dilakukan kurasi ide bisnis untuk menentukan peserta yang berhak maju ke babak Demoday & Final Pitch Pertamuda 2023 ini.

Dari total 2.719 peserta yang mendaftar dari 32 provinsi dan berasal dari 238 peguruan tinggi negeri dan swasta, terpilih sebanyak 30 tim peserta dari 21 kampus mengikuti Demoday Pertamuda 2023. Terdiri dari 20 startup berbasis SDG dan 10 startup berbasis energi yang telah berhasil melalui tahap seleksi ketat, dan akan melanjutkan perjuangan untuk memperebutkan 6 posisi terbaik Pertamuda 2023.

Baca Juga: Warga Aceh Menolak kedatangan pengungsi Rohingya

Top 3 kategori Early Stage Pertamuda 2023 akan mendapatkan dana pembinaan senilai total Rp 300 juta dan 3 peserta terbaik dari kategori Energy Founder akan mendapatkan dana pembinaan senilai total Rp 105 juta.

Menariknya di Pertamuda tahun ketiga ini, peserta yang lolos bervariatif daerah asalnya dan cukup banyak kampus swasta yang lolos dibandingkan tahun sebelumnya. Diantaranya UK Petra Surabaya, IAIN Lhokhseumawe, IKIP PGRI Poltek Energi dan Mineral Akamigas Blora, Universitas Riau, IKIP PGRI Linggabuana Sukabumi, Binus Malang.

“Kami tetap ingin program ini terus berlanjut, karena ini sesuai dengan amanat pemerintah untuk meningkatkan skill entrepreneurship kalangan muda. Kami ingin bisnis mereka berkembang makanya kami juga melibatkan fungsi-fungsi terkait agar bisnis mereka bisa lebih matang di kemudian hari,” ujar Rifky.

Baca Juga: Miris! Teco Salahkan Wasit Usai Bali United Gagal Lagi di AFC Cup, Tapi Bisa Loloskan Persija ke Fase Gugur

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x