Optimisme Konsumen Bali Lebih Tinggi Dibandingkan Nasional, Dipicu Membaiknya Kunjungan Wisata

- 15 Januari 2024, 07:10 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja. ~
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja. ~ /Dok Ringtimes Bali/ Pikiran Rakyat Media Network/Andre

INDOBALINEWS -  Optimisme konsumen Bali lebih tinggi dibandingkan dengan nasional yang mencatatkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Nasional pada area optimis sebesar 123,8.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan bahwa keyakinan konsumen di Bali pada Desember 2023 dipengaruhi oleh membaiknya kondisi perekonomian di Bali.

Seiring dengan high season pariwisata akhir tahun 2023. Tren peningkatan keyakinan konsumen di Bali tersebut terus berlanjut dalam 5 (lima) bulan terakhir.

Baca Juga: Pria Asal Jawa Timur Terseret Arus Pantai Berawa Canggu, Belum Ditemukan

"Tetap tingginya keyakinan konsumen disebabkan peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke Bali," ujar Erwin dalam pernyataan resminya yang dikutip Minggu 15 Januari 2024. 

Lebih lanjut diungkapkannya Survei Konsumen Bank Indonesia pada Desember 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi di Provinsi Bali tetap optimis.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di bulan Desember 2023 tercatat sebesar 141,1 tetap terjaga pada area optimis (indeks > 100).

Baca Juga: El Clasico 2024, Real Madrid vs Barcelona di Final Piala Super Spanyol, Jadwal Laga dan Link Live Streaming

Erwin menambahkan bahwa sesuai data dari PT. Angkasa Pura I pada Desember 2023,
rata-rata jumlah kedatangan wisman sebanyak 17.063 orang atau lebih tinggi dibandingkan dengan ratarata di bulan November 2023 sebanyak 14.672 orang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x