Gianyar Menjadi Kabupaten Pertama Cairkan Puluhan Miliar Hibah Pariwisata

- 17 November 2020, 18:47 WIB
Syarat dan cara dapat Dana Hibah Pariwisata senilai Rp3,3 triliun.
Syarat dan cara dapat Dana Hibah Pariwisata senilai Rp3,3 triliun. /Instagram @kemenparekraf.ri

INDOBALINEWS -  Dana hibah pariwisata adalah program Pemulihan Ekonomi Nasional  (PEN) untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda), dana hibah pariwisata diharapkan dapat membantu industri pariwisata untuk meningkatkan destinasi dalam penerapan protokol kesehatan.

Bali merupakan paling berdampak di sektor pariwisata, banyaknya hotel dan tempat wisata lainnya tidak bisa beroperasi.

Di indonesia yang pertama kali mencairkan  dana hibah pariwisata yaitu desa Gianyar yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bali, yang mencairkan hibah pariwisata kepada 160 wajib pajak hotel dan restoran dengan nilai hibah mencapai puluhan miliar.

Baca Juga: Merespon Kemajuan Vaksin Moderna, Rupiah Berpotensi Menguat Lagi

Bupati Gianyar I Made Mahayastra dalam siaran pers Diskominfo Gianyar yang diterima di Gianyar, Selasa, 17 November 2020 yang  menjelaskan dari 583 hotel dan restoran yang lolos verifikasi, 160 diantaranya sudah ditransfer dana hibah. Dengan total nilai sekitar Rp40 miliar lebih yang masuk ke rekening masing-masing hotel.

Penerima dana hibah terbesar yakni Hotel Mandapa A Ritz Carlton, yang berada di Kedewatan, Ubud, mendapatkan Rp3,44 miliar. Sedangkan kategori restoran penerima dana hibah tertinggi adalah Four Seasons Resort di Desa Sayan, Kecamatan Ubud senilai Rp1,4 miliar," ujar Mahayastra seperti dikutip indobalinews dari antaranews.com

Baca Juga: Satu Tahun Penjara atau Denda Seratus Juta akan Menjerat Anies Baswedan

Ia menjelaskan penyerahan bantuan hibah yang diberikan di Rumah Luwih Desa Lebih, kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Senin 16 November 2020 dapat mendukung pelaksanaan kegiatan pariwisata yang terdampak pandemi COVID-19.

Dengan demikian, total dana hibah pariwisata untuk pelaku usaha hotel dan restoran sebesar Rp94,59 miliar atau sebesar 70 persen dari Rp135 miliar bisa segera ditransfer.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x