Gempa 8,2 M Guncang Alaska, Seluruh Pasifik Siaga

- 29 Juli 2021, 22:37 WIB
Ilustrasi - Peringatan tsunami dikeluarkan dan dicabut dua jam setelah terjadinya gempa berkekuatan 8,2 RS di Alaska.
Ilustrasi - Peringatan tsunami dikeluarkan dan dicabut dua jam setelah terjadinya gempa berkekuatan 8,2 RS di Alaska. //Pixabay/Tumisu


INDOBALINEWS - Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 8,2 pada mengguncang Alaska Amerika Serikat berpotensi tsunami dan langsung membuat siaga di seluruh Pasifik .

Gempa besar terjadi Rabu, 28 Juli 2021 malam waktu setempat. Belum ada laporan adanya korban maupun kerusakan infrastruktur di Alaska, usai gempa bumi.

Dilansir dari Reuters, Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS (NTWC) mengeluarkan peringatan untuk bagian selatan Alaska, semenanjung vulkanik, dan daerah pesisir Pasifik dari pintu masuk Hinchinbrook ke jalur Unimak.

Baca Juga: Mantan Mensos Juliari Batubara Dituntut 11 Tahun, Febri Diansyah: Tuntutan KPK Sangat Mengecewakan

Dalam cuitannya, Gubernur Alaska Mike Dunleavy menyebut pusat operasi darurat negara bagian telah diaktifkan dan pihak berwenang menghubungi masyarakat di daerah peringatan tsunami.

Berdasar Survei Geologi AS (USGS) menjelaskan gempa terjadi pada pukul 22.15 waktu setempat (Kamis waktu GMT), dan berada pada kedalaman 35 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan bahwa telah membatalkan peringatan tentang kemungkinan ancaman tsunami, yang dikeluarkan ke Hawaii dan wilayah Pasifik AS di Guam.

Baca Juga: Mochtar Ngabalin: Pihak yang Menghalangi Upaya Menekan Laju Penyebaran Covid-19 Menjadi Musuh Negara

NTWC saat ini sedang mengevaluasi tingkat bahaya tsunami untuk wilayah pesisir Pasifik AS dan Kanada lainnya.

Gempa tersebut melanda sekitar 91 km timur-tenggara Perryville di Alaska, atau sekitar 800 kilometer dari Anchorage, kota terbesar di Alaska.

Diungkapkan USGS, gempa tersebut diikuti oleh delapan gempa susulan di wilayah tersebut, dengan dua gempa berkekuatan di atas magnitudo 6,0.

Baca Juga: Negara Tak Berikan Bansos, Masyarakat Berkecupukan di Vietnam Bantu Warga yang Tidak Mampu

Sebuah video yang memperlihatkan suasana pemukiman dekat pantai heboh dengan suara sirine yang meraung-raung setelah gempa.

Video tersebut dibagikan oleh akun Twitter @TDesiantoFW pada Kamis, 29 Juli 2021.

Berdasar video itu, saat sirine dinyalakan, para pelaut tengah bersiaga di atas kapal. *** (Nopsi Marga/Pikiran-rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-rakyat.com berjudul: Gempa Berkekuatan Magnitudo 8,2 Guncang Alaska hingga Picu Tsunami, Suara Sirine Meraung di Dekat Pantai

 

Editor: R. Aulia

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x