Inggris Bakal Jadi Negara Superpower Teknologi Artificial Intelligence

- 23 September 2021, 17:05 WIB
ILUSTRASI teknologi kecerdasan buatan (AI).*
ILUSTRASI teknologi kecerdasan buatan (AI).* /Pixabay

INDOBALINEWS - Inggris ingin menjadi negara superpower teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam sepuluh tahun mendatang.

Menjadi negara superpower di bidang teknologi AI ini tertuang dalam National AI Strategy yang dipublikasikan pemerintah Inggris pada hari Rabu, dikutip dari Sputnik 23 September 2021.

"Dengan perkembangan ekosistem AI yang pesat dan sistem R&D terkemuka di dunia, National AI Strategy akan menerjemahkan potensi AI yang luar biasa menuju pertumbuhan yang lebih baik, kesejahteraan, dan manfaat sosial bagi Inggris, dan untuk menjadi yang terdepan dalam penerapan AI pada abad ke 21", seperti tertulis di dokumen itu.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Prancis Sebut AS Hasut Konfrontasi dengan China

Selama 10 tahun ke depan,  AI akan memiliki dampak besar pada sektor bisnis dan keamanan dalam skala global, dan Inggris telah memiliki awal yang baik dalam membangun prasarana AI untuk ekonomi baru.

Hal ini memungkinkan negara untuk menguatkan posisi awal terdepannya di AI dan menjadikan teknologi ini sebagai pusat pengembangan sebagai superpower dalam inovasi dan sains global.

Untuk mencapai tujuan ini, strategi AI membayangkan investasi dan perencanaan untuk kebutuhan jangka panjang ekosistem AI, mendukung transisi ke ekonomi yang mendukung AI, dan memastikan tata kelola teknologi AI yang efektif.

"National AI Strategy akan menyampaikan kepada dunia tentang niat kami  membangun lingkungan regulasi yang paling pro inovasi di dunia, untuk mendorong kemakmuran di seluruh Inggris dan memastikan semua orang dapat memperoleh manfaat dari AI, dan menerapkan AI untuk membantu mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim", kata dokumen itu.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri Suriah: Turki Harus Segera Angkat Kaki dari Negaranya

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: Sputnik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x