Webinar di Lombok Barat: Persiapkan Anak Menjadi Konsumen dan Produsen Internet yang Baik

- 22 September 2021, 20:55 WIB
Ilustrasi anak anak.
Ilustrasi anak anak. /Instagram/@kemensosri

INDOBALINEWS - Gadget buat anak jaman seperti fungsinya melebihi teman atau sahabat, bahkan bisa jadi perannya melebihi orang tua masing-masing.

Sekarang ini bisa dibilang hampir semua anak-anak memiliki dunianya sendiri di dalam genggamannya selain dunia nyata di rumah atau pun sekolah dan lingkungannya.

Menurut Yulia Hidayati, M.Ed, Praktisi Pendidikan dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa 21 September 2021, orangtua bisa mengetahui keberadaan anak di dalam rumah dengan cara mematikan Wifi, pastilah anak-anak langsung muncul dan bereaksi karena tak bisa mengakses internet.

Baca Juga: 'Kuda Poni' Selebgram Bali, Pelaku Live Bugil di Medsos Mengaku Tak Terima BO dari Luar

“Karenanya penting sekali buat orang tua untuk usahakan mendamping anak saat berinternet,” ujar Yulia dalam webinar yang dipandu oleh Tony Thamrin ini.
Lebih lanjut Yulia mengatakan bahwa internet bagi anak bisa sebagai konsumen atau pun produsen.

Anak bisa sebagai penikmat atau pengguna segala hal yang disediakan di dunia maya ataupun sebagai produsen bahwa anak menghasilkan sesuatu untuk dilihat oleh siapapun di dunia maya. “Untuk itulah kita harus mempersiapkan bagaimana nanti anak bisa menjadi konsumen yang baik,” imbuhnya.

Baca Juga: Polda NTB, Jamin Keamanan Event World Superbike 2021

Terkait hal ini peran keluarga begitu penting sebagai tumpuan perilaku anak dan keluargalah sebagai role model sekaligus pelindung anak-anak. “Kita jadi bisa tahu yang mana yang bisa kita tunjukkan dan bagaimana harus bersikap kritis serta memahami safety zone,” jelasnya.

Yang harus selalu diingat para orang tua adalah bahwa anak akan selalu membutuhkan bimbingan orang tua karena anak belum mempunyai kecakapan teknis yang cukup, juga belum memiliki pengetahuan maupun emosi yang cukup dalam mengakses berbagai informasi dan hiburan melalui internet.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x