Korsel Dukung Pengembangan IKN Nusantara, Jokowi Sebut Investasi 6,37 Miliar Dolar AS

- 29 Juli 2022, 06:28 WIB
Presiden Jokowi bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dalam pertemuan di Kantor Kepresidenan Yongsan, Kamis 28 Juli 2022.
Presiden Jokowi bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dalam pertemuan di Kantor Kepresidenan Yongsan, Kamis 28 Juli 2022. /Instagram @jokowi

INDOBALINEWS - Presiden Joko Widodo telah merampungkan kunjunga ke China, Jepang, dan Korea Selatan serta kembali ke Tanah Air pada Jumat 29 Juli 2022 dini hari.

Dalam kunjungan ke Korsel, Indonesia memperolah dukungan investasi sejumlah proyek, termasuk pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan total nilai 6,37 miliar dolar AS.

Presiden Joko Widodo mengatakan hal itu seusai bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Sukyeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis 28 Juli 2022 petang.

Baca Juga: Kenalkan Aset Kripto, PINTU Mengedukasi Ribuan Penonton Liga 1 Indonesia

"Kita juga telah memulai kerja sama dalam pengembangan IKN Nusantara, antara lain pembangunan penyediaan sistem air minum dan capacity building dalam pembangunan smart city," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan dukungan Korsel dalam pembangunan di IKN juga dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman kerja sama investasi antara PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bersama Kementerian Investasi dengan Posco Korea.

Krakatau Steel dan Posco menyepakati investasi perluasan kapasitas produksi baja, terutama pada industri baja otomotif untuk kendaraan listrik, serta partisipasi Posco dalam pembangunan IKN Nusantara.

Investasi dari kerja sama tersebut diperkirakan 3,5 miliar dolar AS. Selain itu, Pemerintah Korea Selatan juga menyepakati pembangunan instalasi pengolahan limbah cair untuk IKN Nusantara.

Baca Juga: Festival Bali Padma Bhuwana, Nadiem Makarim: ISI Denpasar Telah Membangun Prospek Kreatif Tingkat Global

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x