Festival Bali Padma Bhuwana, Nadiem Makarim: ISI Denpasar Telah Membangun Prospek Kreatif Tingkat Global

- 29 Juli 2022, 05:43 WIB
Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. Wayan Kun Adnyana (dari kiri ke kanan), Gubernur Bali Wayan Koster, anggota DPR RI  Djarot Saiful Hidayat  dan Ketua Senat ISI Denpasar dalam acara penyerahan penghargaan Festival Bali Padma Bhuwana.
Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. Wayan Kun Adnyana (dari kiri ke kanan), Gubernur Bali Wayan Koster, anggota DPR RI Djarot Saiful Hidayat dan Ketua Senat ISI Denpasar dalam acara penyerahan penghargaan Festival Bali Padma Bhuwana. /Dok. ISI Denpasar

INDOBALINEWS - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar melalui Festival Bali Padma Bhuwana telah berhasil menginisiasi prospek dan energi baru dalam kemerdekaan kreatif hingga tingkat global.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan hal tersebut saat memberikan sambutan secara daring pembukaan Festival Internasional Bali Padma Bhuwana II yang dirangkaikan dengan wisuda sarjana, sarjana terapan, magister, serta doktor dan Dies Natalis XIX ISI Denpasar, Kamis 28 Juli 2022.

Nadiem menyebut Festival Internasional Bali Padma Bhuwana yang mulai digelar 2021 lalu telah menyemarakkan dunia kesenian Indonesia serta menguatkan kolaborasi lintas negara dan lintas cabang seni antara maestro, seniman dan akademisi.

Baca Juga: Kopda Muslimin, Dalang Pelaku Penembakan Isteri Ditemukan Meninggal di Rumah Orang Tuanya

Ia juga menilai Bali Padma Bhuwana II 2022 yang mengambil tema tentang air sangat relevan untuk menguatkan kembali kesadaran akan pentingnya peran air dalam menjaga kelangsungan semesta.

“Saya yakin kegiatan yang diinisiasi oleh ISI Denpasar ini akan melahirkan energi dan prospek-prospek baru yang mendukung gerakan pemajuan kebudayaan dan perwujudan kemerdekaan dalam berkarya tidak hanya tingkat nasional tetapi juga global,” kata Nadiem.

Senada dengan pandangan Mendikbudristek, Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. Wayan Kun Adnyana mengatakan Festival Internasional Bali Padma Bhuwana sepenuhnya didedikasikan sebagai ruang diseminasi keberagaman karya-praktik penciptaan, penghargaan, serta mimbar akademik seni-budaya yang melibatkan maestro, seniman, desainer, akademisi, pekerja kreatif, dan mahasiswa bertalenta lintas perguruan tinggi dunia.

“Bali Padma Bhuwana pada tahun ini mengusung tajuk “Argha-Tirtha-Sidhi” (Water Energy and Creative Prospects), yang di dalamnya terdapat penganugerahan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha kepada Presiden ke-5 RI Ibu Megawati Soekarnoputri, katanya.

Baca Juga: Gaet Mantan Managing Director Grabpay Jadi CEO, DOKU Optimis Jelajah Pasar Regional

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x