Carbon Offset: Pengertian dan Perannya dalam Mengatasi Tantangan Iklim

- 26 November 2023, 14:01 WIB
Ilustrasi polusi emisi karbon. *
Ilustrasi polusi emisi karbon. * /Catazul/Pixabay

INDOBALINEWS - Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan global yang paling mendesak saat ini. Emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia telah menyebabkan kenaikan suhu bumi dan berbagai dampak lingkungan lainnya.

Dalam upaya mengatasi perubahan iklim, berbagai organisasi dan pemerintahan telah menggunakan konsep karbon netral. Konsep ini berarti bahwa emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh suatu organisasi atau pemerintahan diseimbangkan dengan upaya untuk mengurangi atau menyerap emisi tersebut.

Baca Juga: Liga 1: PSS Sleman vs Barito Putera, Tugas Berat Risto Vidakovic, Putus Tren Negatif Super Elja dalam 10 Laga

Pengertian Carbon Offset

Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mencapai karbon netral adalah carbon offset. Carbon offset adalah suatu strategi yang bertujuan untuk menetralkan emisi karbon yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Carbon offset menjadi salah satu solusi ketika individu atau pelaku bisnis sedang menyeimbangkan sisa emisi CO2 mereka. Pada skema yang lalu, hal ini mungkin dapat dilakukan dengan penanaman pohon atau investasi dalam proyek reforestasi. Saat ini, prosesnya seringkali melibatkan pembelian kredit karbon untuk mendukung program carbon offset berkelanjutan.

Baca Juga: Adik Bungsu Raja Charles III Serahkan Penghargaan bagi 23 Pemuda Indonesia Berprestasi

Kredit Karbon

Kredit karbon adalah sertifikat yang menunjukkan bahwa telah dilakukan upaya untuk mengurangi atau menyerap emisi gas rumah kaca. Kredit karbon ini dapat diperjualbelikan di pasar karbon.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: weforum.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x