Upaya Perpanjangan Gencatan Senjata Jeda Kemanusiaan Mentok, Perang Gaza Berkobar Lagi

- 2 Desember 2023, 06:19 WIB
Sebuah bisa tampak sedang mengangkut para tahanan Palestina yang dibebaskan penjajah Israel sebagai bagian dari kesepakatan jeda kemanusiaan. Upaya perpanjangan gencatan senjata mentok, Perang Gaza berkobar lagi.
Sebuah bisa tampak sedang mengangkut para tahanan Palestina yang dibebaskan penjajah Israel sebagai bagian dari kesepakatan jeda kemanusiaan. Upaya perpanjangan gencatan senjata mentok, Perang Gaza berkobar lagi. /

INDOBALINEWS - Perang Gaza, konflik Israel Palestina (Hamas) kembali berkobar usai sejumlah upaya untuk memperpanjang gencatan senjata jeda kemanusiaan mentok alias menemui jalan buntu pada Jumat 1 Desember 2023.

Israel dan Hamas saling tuding atas kegagalan negosiasi tersebut sementara Pemerintah AS menuduh kelompok perlawanan Palestina itu tidak bisa memberikan daftar baru para sandera untuk dilepaskan sebagai syarat perpanjangan jeda kemanusiaan.

PBB mengatakan bahwa perang yang kembali meletus akan memperburuk krisis kemanusiaan ekstrem yang telah terjadi di wilayah kantung Palestina itu.

"Neraka dunia telah kembali ke Gaza," kata Jens Laerke, juru bicara kantor kemanusiaan PBB di Jenewa.

Baca Juga: Mahfud MD Bicara Norma Hukum dan Pancasila serta Puji Peran Soekarno

Beberapa jam setelah jeda berakhir, otoritas kesehatan Gaza melaporkan bahwa 109 orang tewas dan puluhan lainnya terluka akibat serangan udara Israel. Militer Israel mengatakan bahwa pasukan darat, udara, dan lautnya telah menyerang lebih dari 200 sasaran di Gaza sejak Jumat pagi.

"Pagi ini, seperti yang dijanjikan, kami melanjutkan serangan," kata mantan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dalam pernyataan dilansir Antara dari Reuters.

Jet-jet tempur Israel menghantam Gaza pada hari Jumat dengan daerah timur Khan Younis di Gaza selatan dibombardir habis-habisan oleh Israel ketika jeda berakhir setelah fajar. Kepulan asap menjulang ke langit, kata jurnalis Reuters di kota itu.

Baca Juga: Resmi! Kini Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Langsung dari India

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x