Mahfud MD Bicara Norma Hukum dan Pancasila serta Puji Peran Soekarno

- 2 Desember 2023, 05:40 WIB
Calon Wakil Presiden RI Mahfud MD saat menyanyikan lagu Dealova bersama Once Mekel di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis 30 November 2023. Mahfud bicara norma hukum dan Pancasil serta puji peran Soekarno.
Calon Wakil Presiden RI Mahfud MD saat menyanyikan lagu Dealova bersama Once Mekel di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis 30 November 2023. Mahfud bicara norma hukum dan Pancasil serta puji peran Soekarno. /Foto: Antara/

INDOBALINEWS - Calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD memuji peran Presiden RI pertama, Soekarno sebagai salah satu tokoh penting kemerdekaan Indonesia.

Mahfud mengatakan, Soekarno lah yang menggali Pancasila sehingga bisa menjadi fondasi dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Bung Karno itu adalah penggali dan perumus bersama-sama dengan beberapa orang terutama orang-orang inti di BPUPK merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar negara kita," ucap Mahfud dalam orasi ilmiahnya di acara wisuda Universitas Bung Karno di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Kamis 30 November 2023.

Baca Juga: Resmi! Kini Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Langsung dari India

Menurut Mahfud, pancasila mengandung banyak sekali nilai yang bisa diterapkan oleh seluruh bangsa Indonesia.

"Karena dia lahir dari sudut pandang nilai luhur yang tumbuh melalui berbagai bangsa Indonesia yang ada," katanya.

Maka dari itu, lanjut Mahfud, banyak sekali istilah dan pengertian terhadap Pancasila di kalangan masyarakatnya.

Baca Juga: Ganjar: Alhamdulillah Saya Awali Desember Ini dengan Sowan ke Saudara-saudara di Kupang

"Pancasila banyak sekali sebutannya, bisa disebut ideologi, dasar negara, pandangan hidup bangsa, filsafat kehidupan bangsa, modus vivendi bangsa, tempat berangkat dan tujuan bangsa. Jadi banyak sekali tujuan Pancasila, karena di dalam Pancasila banyak mengandung nilai-nilai luhur berbangsa dan bernegara," papar Mahfud.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x