Resmi! Kini Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Langsung dari India

- 1 Desember 2023, 23:54 WIB
Inaugural flight Vistara menggunakan pesawat Airbus A321LR.
Inaugural flight Vistara menggunakan pesawat Airbus A321LR. /Dok. Humas Bandara Ngurah Rai.

 

INDOBALINEWS – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (AP1) untuk pertama kalinya melayani pembukaan rute penerbangan (inaugural flight) dari maskapai asal India bentukan Tata Group dan Singapore Airlines, Vistara, dengan rute Delhi-Bali-Delhi, Jumat siang 1 November 2023.

Pembukaan rute penerbangan ini sekaligus mencatat sejarah terhubungnya India-Bali melalui penerbangan langsung atau direct flight. Sebelumnya, rute India-Bali hanya dilayani melalui penerbangan lanjutan atau tidak langsung.

Inaugural flight Vistara menggunakan pesawat Airbus A321LR dengan nomor penerbangan UK145, serta mendarat di runway Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 10.52 Wita setelah sebelumnya berangkat dari Bandara Indira Gandhi di kota Delhi, India, pada pukul 01.12 waktu setempat. Dikutip dari data manifest penerbangan, penerbangan tersebut mengangkut 185 penumpang.

Baca Juga: Ganjar: Alhamdulillah Saya Awali Desember Ini dengan Sowan ke Saudara-saudara di Kupang

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi menyatakan antusiasme dan optimisme terhadap pembukaan rute ini. "Kami mengucapkan selamat datang di Bali kepada Vistara. Setelah sekian lama, akhirnya pada hari ini Bali terhubung secara langsung dengan India melalui _inaugural flight_ dari maskapai Vistara. Hal ini pantas dicatat di dalam buku sejarah AP1, rute penerbangan yang lama dinantikan ini akhirnya resmi beroperasi pada hari ini," ujar Faik Fahmi.

Dibukanya rute penerbangan ini sekaligus diharapkan akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap pariwisata di Bali. Sebelum pandemi Covid-19, tepatnya pada 2019, wisatawan asal India menempati urutan ketiga untuk jumlah kedatangan wisatawan mancanegara di Bali, setelah turis asal Australia dan Tiongkok.

"Saat itu belum ada rute penerbangan direct dari India ke Bali, melainkan hanya penerbangan lanjutan. Dengan dibukanya rute penerbangan langsung ini, kami optimistis akan turut menggenjot angka jumlah wisatawan asal India di Bali," lanjut Faik Fahmi.

Baca Juga: Indonesia akan Tambah Bantuan untuk Rakyat Palestina, Rencana Buka Rumah Sakit Lapangan

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x