Pengunjung Tanah Lot Tumpah Ruah Bertepatan dengan Kuningan dan Piodalan di Pura Pakendungan

- 12 Agustus 2023, 20:48 WIB
Umat Hindu tengah menuju lokasi persembahyangan Piodalan di Tanah Lot
Umat Hindu tengah menuju lokasi persembahyangan Piodalan di Tanah Lot /

 

INDOBALINEWS - Hari raya Kuningan yang jatuh pada Saniscara Wuku Kuningan, Sabtu 12 Agustus 2023, merupakan pelaksanaan piodalan di Pura Pakendungan, yang berlokasi di kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes S.H, S.I.K., M.H, Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana, S.H.,M.H, yang memimpin langsung pengamanan.

Di pura tersebut memiliki kisah tentang keris Ki Baru Gajah. Dalam kegiatan ngerebek keris Ki Baru Gajah dari Puri Kediri ke Pura Pakendungan itulah Polres Tabanan dan Polsek Kediri melaksanakan pengamaan, mengantisipasi jalur yang dilalui.

Baca Juga: Kondisi Ekonomi Makin Pulih, Kinerja Penjualan Eceran Bali Diprakirakan Terus Meningkat

“Personil Polsek kediri yang dilibatkan pengamanan prosesi tersebut sebanyak 15 orang, di-back up personel Polres Tabanan sebanyak 16 orang. Ditambah Pecalang Desa Adat Beraban 20 orang, dan satuan pengamanan 14 orang,” ungkap Kabag Ops Polres Tabanan.

Dan hari ini pengunjung ke DTW Tanah Lot tumpah-ruah. Pemedek yang tangkil pun semakin membludak. Kehadiran personel Polri yang berkolaborasi dengan petugas pengamanan terpadu di sepanjang jalur menuju ke Tanah Lot, serta tempat-tempat yang dianggap rawan, seperti tempat parkir, pertokoan, pinggir pantai, dan sekitar Pura Pekendungan, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman.

Baca Juga: Permohonan Komeng Ganti Nama untuk Maju ke DPD RI Dikabulkan

Menurut cerita masyarakat tentang keris Ki Baru Gajah. Keris tersebut merupakan pemberian Danghyang Dwijendra kepada Ki Bendesa Beraban. Ki Bendesa Beraban saat menghadap sang pendeta dan menceritakan bahwa desa pakramannya diganggu Ki Bhuta Babahung, sehingga banyak penduduk yang jadi korban. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x