Sholat dan Zakat, jadikan Islam Agama yang Berkontribusi Besar Mengurangi Kemiskinan di Dunia

- 27 Oktober 2023, 13:03 WIB
Ilustrasi zakat
Ilustrasi zakat /Madrosah Sunnah/Unsplash

INDOBALINEWS - Kewajiban Sholat dan zakat yang tertuang dalam kitab suci Al-Qur'anul Karim, berjumlah sekitar 28 ayat. Setiap Muslim mafhum kalau zakat dibayar setahun sekali. Pembahasan kali ini, adalah sedekah harian yang nilainya relatif kecil tetapi rutin.

Padahal, kalau direalisasikan dalam bentuk tindakan, khususnya sedekah usai melaksanakan sholat fardlu (sholat wajib yang berjumlah 5 waktu dengan 17 rakaat) maka dipastikan Islam akan mampu berkontribusi mengurangi kemiskinan di dunia.

Kalkulasinya, seperti yang tertulis dalam buku La Tahzan, karya Aid Al Qarni, setiap selesai sholat menyisihkan rejeki (sedekah) sebesar Rp1.000 di jalan Sang Khalik.

Baca Juga: Bisnis Briket Arang Batok Kelapa Bernilai Miliaran! Simak Faktanya

Artinya, setiap muslim dalam 5 waktu sholat itu, bersedekah sejumlah Rp5.000 dalam waktu sehari semalam. Kalau jumlah ummat muslim dunia berjumlah 2 miliar dikalikan Rp5.000, katanya, maka dana muslim yang terkumpul akan berjumlah Rp10.000 miliar dalam sehari.

"Bayangkan, kalau dalam waktu sebulan, setahun dan seterusnya, tidak akan pernah kita dengar ada pengemis dan peminta sumbangan di jalan-jalan," katanya.

Rutinitas sedekah dengan nilai kecil dan harian ini, sebut Aid Al Qarni, kecil kemungkinan, atau bahkan jarang kita dengar.

Baca Juga: Selamat Ivan Gunawan, Putri Kecil Ayah dapat Award, Kometar Warganet Bikin Ngakak!

Padahal kalau disatukan dalam satu wadah, katanya, sedekah umat muslim ini, tentu akan mampu bersaing dengan semua lembaga perbankan di dunia.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: La Tahzan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah