Persembahyangan Pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih, Berkaitan dengan Tri Hita Karana

- 8 Februari 2024, 19:50 WIB
Persembahyangan bersama Sekda Kota Denpasar dan OPD Pemkot Denpasar melaksanakan Pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih, Kamis 8 Februari 2024 di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.
Persembahyangan bersama Sekda Kota Denpasar dan OPD Pemkot Denpasar melaksanakan Pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih, Kamis 8 Februari 2024 di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. /Dok Humas Pemkot Denpasar

 

INDOBALINEWS - Pemerintah Kota Denpasar berkesempatan melaksanakan pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih, Kamis 8 Februari 2024 di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Iringan tabuh, topeng dan wayang lemah pun turut melengkapi pengilen upacara yang dipuput Ida Pedanda Gede Rai dari Gria Singarateng, Rendang Karangasem, serta diakhiri dengan persembahyangan bersama.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana hadir mewakili walikota Denpasar yang didampingi pimpinan OPD Pemkot Denpasar. Hadir pula Ketua PHDI Denpasar, I Made Arka dan Ketua MDA Denpasar, A.A Ketut Sudiana.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Kembali Makna Peringatan Isra Mi'raj

"Pemkot Denpasar merasa berbahagia dapat kembali melaksanakan pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih," ujar Sekda Alit Wiradana yang ditemui disela-sela pujawali.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pelaksanaan pujawali ini sebagai bentuk penghormatan kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa yakni berkaitan dengan Parahyangan.

Hal ini juga berkaitan dengan konsep Tri Hita Karana di Bali yang mengutamakan keseimbangan dan harmoni antara tiga unsur utama, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan (Parahyangan), hubungan manusia dengan manusia lainnya (Pawongan), dan hubungan manusia dengan alam semesta (Palemahan).

Baca Juga: Tips Optimalkan Tumbuh Kembang Anak: 5 Aktivitas Sensorik untuk Meningkatkan Perkembangan Bayi Anda

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x