Resep Favorit Kue Lebaran: Cheese Stik Renyah Ngeju Banget

- 7 April 2024, 09:30 WIB
Resep stik keju untuk isian toples Lebaran
Resep stik keju untuk isian toples Lebaran /Instagram @lestarisahidin

INDOBALINEWS - Salah satu camilan yang kalau dimakan susah berhenti adalah cistik atau stik keju atau nama aslinya Cheese Stik. Sesuai namanya camilan ini berbentuk panjang terbuat dari bahan dasar keju.

Meskipun resep stik keju pada akhirnya memang masuk dalam ketegori resep kue kering, tetapi umumnya camilan ini dimasak dengan cara digoreng dan tidak dipanggang seperti kue kering kebanyakan.

Bahan dasar resep stik keju antara lain adalah tepung terigu, tepung tapioka atau sagu, telur kocok, keju cheddar atau keju edam, mentega, bubuk pengembang (baking powder) dan minyak untuk menggoreng.

Baca Juga: Resep Favorit Kue Lebaran, Kastengel Renyah Ngeju Banget

Bahan penting dalam resep stik keju adalah tepung tapioka. Mengapa tepung tapioka? Tepung tapioka pada resep stik keju berfungsi melekatkan dan menjaga semua bahan terutama tepung terigu yang mudah hancur.

Sebab tepung terigu sangat mudah hancur ketika digoreng, inilah peran utama tepung tapioka. Tepung tapioka akan keras ketika dipanggang. Tepung tapioka akan renyah bila digoreng. Jadi tepung tapiokalah yang membuat resep stik keju Anda renyah dan membedakannya dengan kue kering.

Cara pengaplikasian tepung tapioka pada resep stik keju Anda bukan hanya pada adonan. Tepung tapioka kering digunakan sebagai lumuran atau baluran pada resep stik keju Anda agar tidak lengket di wajan.

Baca Juga: Sidang Sengketa Pemilu 2024: Bansos Tak Ngefek untuk Kemenangan Prabowo Gibran. Begini Analisanya

Selain pada tepung tapioka, kesuksesan mempraktekan resep stik keju Anda adalah dengan menggoreng menggunakan minyak panas yang relatif banyak dengan api sedang cenderung kecil (soft deep frying).

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah