Potensi Siklon Tropis Selasa Malam di Sebagian Indonesia. Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

- 7 Desember 2020, 21:21 WIB
Bibit Siklon Tropis "96S" terpantau di Samudera Hindia
Bibit Siklon Tropis "96S" terpantau di Samudera Hindia /Tangkapan layar laman BMKG/

INDOBALINEWS - Cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini di indonesia menyebabkan dampak seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang dan angin kencang yang dipantau sebagai bibit siklon tropis “96S” menjadi perhatian dari itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta memantau pertumbuhan bibit siklon tropis dengan kode "96S" yang berada di Samudra Hindia sebelah selatan Banten. Dan meminta masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat.

Berdasarkan analisis tanggal 5 Desember 2020 pukul 19.00 WIB, bibit siklon tersebut berada di 8.7 LS dan 105.3 BT, atau sekitar 350 km selatan barat daya Jakarta.

Saat ini sistem "96S" memiliki tekanan udara minimum di pusatnya sebesar 1005 hPa dengan kecepatan angin maksimum 25 knot atau sekitar 45 km/jam.

Baca Juga: Prediksi BMKG Senin 7 Desember 2020, Beberapa Wilayah Hujan Sedang-lebat Lainnya Cerah Berawan

Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dalam radius rata-rata siklon tropis yang  mencapai 150 hingga 200 km.

Siklon tropis yang terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C, dan  angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Secara teknis, siklon tropis didefinisikan sebagai sistem tekanan rendah non-frontal yang berskala sinoptik yang tumbuh di atas perairan hangat dengan wilayah perawanan konvektif.

Dan kecepatan angin maksimum setidaknya mencapai 34 knot pada lebih dari setengah wilayah yang melingkari pusatnya, serta bertahan setidaknya enam jam.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x