Memperingati Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Mengajak Hidupkan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

- 2 Mei 2021, 14:49 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim.
Mendikbudristek Nadiem Makarim. /Twitter.com/@Kemdikbud_RI

INDOBALINEWS – Hari ini masyarakat Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional dan mengenang jasa para pendidik, terutama pahlawan Ki Hajar Dewantara.

Ajaran pendiri Perguruan Taman Siswa itu sangat relevan hingga saat ini untuk diterapkan dalam dunia pendidikan

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan momentum Hari Pendidikan Nasional merupakan ajang untuk menghidupkan kembali pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Baca Juga: Tampilkan Andmesh, Yura Yunita dkk, Ini Acara Lengkap Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021

“Mulai hari ini, pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia tersebut haruslah kita jiwai dan kita hidupkan kembali agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati,” ujar Nadiem dalam pidato peringatan Hardiknas, Minggu 2 Mei 2021.

Saat memimpin upacara peringatan Hardiknas, Nadiem menggunakan pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur.

Kata dia sudah terlalu lama pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak dimanfaatkan sepenuhnya. Pendidikan di Indonesia haruslah menuju arah lahirnya kebahagiaan batin serta juga keselamatan hidup.

Dia menegaskan esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia.

“Ini merupakan momen yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” tuturnya.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x