Kecam Aksi Kekerasan Israel, Menlu Retno Pastikan Indonesia Dukung Perjuangan Rakyat Palestina

- 14 Mei 2021, 21:27 WIB
Menlu Retno Marsudi minta masyarakat Indonesia waspada lantaran angka positif Covid-19 dunia capai 5.7 kasus dalam seminggu.
Menlu Retno Marsudi minta masyarakat Indonesia waspada lantaran angka positif Covid-19 dunia capai 5.7 kasus dalam seminggu. /YouTube Sekretariat Presiden

INDOBALINEWS - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengecam aksi kekerasan Israel terhadap rakyat Palestina.

Melalui sebuah unggahan di Twitter pada 14 Mei 2021, Retno Marsudi mengecam tindakan Israel di Palestina.

"Indonesia mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa warga sipil Palestina yang tidak berdosa," ujarnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter resmi @Menlu_RI.

Baca Juga: Sebut Pengkritik KPK Otak Sungsang, Said Didu Usul Gaji Mochtar Ngabalin Dinaikkan

Sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, Menlu RI itu mengungkapkan jika pihak Indonesia akan berusaha diberbagai lini.

Diharapkan bergeraknya Indonesia menjadi langkah nyata bagi keselamatan Palestina.

"Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk #CEIRPP #OKI #GNB dan desak #DKPBB untuk mengambil langkah nyata hentikan seluruh kekerasan dan hadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina," tuturnya.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 Bali, 94 Terkonfirmasi Positif dan Lima Meninggal Dunia

Kondisi di Timur Tengah kian pelik, Israel menghujani Palestina dengan serangan udara, menggusur masyarakat dari tanahnya sendiri.

Serangan Israel yang semakin membabi buta di Palestina tak membuat masyarakat disana menyerah, mereka melawan menuntut hak hidup dan tinggal di tanah kelahirannya.

Dikabarkan sebelumnya, salah satu faksi politik Palestina yaitu Hamas mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Sebut Masyarakat yang Tidak Mudik Pahlawan dalam Memerangi Covid-19

Isi dari surat itu mengungkapkan jika Israel telah menindas masyarakat Palestina tanpa melihat perempuan atau anak kecil, mereka tetap bertindak.

Lebih lanjut Retno mengungkapkan ia akan menghadiri pertemuan virtual Tingkat Menlu Open-Ended Emergency Meeting OIC Executive Committee yang akan dilangsungkan pada 16 Mei 2021 mendatang.

Pertemuan itu akan dibahas mengenai agresi militer yang dilakukan oleh Israel di Palestina. Retno Marsudi mengungkapkan kekejaman Israel sudah terlalu lama terjadi di Palestina.

Baca Juga: Romo V Adi Prasojo: Idul Fitri Berbarengan Hari Kenaikan Isa Almasih Berikan Pengharapan Baru

Karena itu, mewakili Indonesia, ia menyatakan dukungan pada hak-hak masyarakat Palestina yang telah dirampas oleh Israel.

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," ujarnya, menutup unggahan di Twitter.*** (Rahmi Nurfajriani)

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x