Erick Thohir Sibuk Urus Suntikan Dana BUMN, Ekonom Faisal Basri Minta KPC PEN Dibubarkan

- 9 Juli 2021, 23:07 WIB
Kolase foto Faisal Basri dan Erick Thohir.
Kolase foto Faisal Basri dan Erick Thohir. /Pikiran-rakyat.com/


INDOBALINEWS  - Ekonom senior Faisal Basri meminta pembubaran Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Faisal mengkritik Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Dibentuk pada 20 Juli 2021, KPC PEN lahir melalui Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 dengan tujuan menangani Covid-19 di Indonesia dan memulihkan ekonomi.

Baca Juga: Abdillah Toha Sebut Presiden Jokowi Dikelilingi Orang orang Tidak Berkompeten

KPC PEN kini dipimpin Ketua Komite Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Erick Thohir sebagai Ketua Pelaksana.

Kata Faizal, Indonesia sedang dihantam lonjakan kasus Covid-19 selepas masa libur Idul Fitri 2021. Penambahan kasus harian pada Kamis, 8 Juli 2021, mencapai 38.391 sehingga totalnya mencapai 2.417.788.

Dirinya menilai, Erick Thohir terlalu sibuk dengan urusan menyuntikkan dana untuk BUMN dan mengurus obat cacing (Ivermectin) yang disebut-sebut ampuh melawan Covid-19.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan: 'Saya Terima Kritik. Tapi kritiknya itu yang Jangan Menghina'

Meski banyak disebut-sebut ampuh melawan Covid-19, kemanjuran Ivermectin sebagai obat Covid-19 belum terbukti secara klinis.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru menginstruksikan untuk melakukan uji klinis tahap pertama Ivermectin sebagai obat Covid-19.

Kata dia, saat ini, izin edar diberikan BPOM untuk Ivermectin baru sebatas sebagai obat cacing.

Baca Juga: Alissa Wahid : 'Jangan Memandang Orang Salih Itu yang Ibadahnya di Masjid, Mengabaikan Wabah'

"Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan PEN adalah Menteri BUMN. Bukannya utamakan selamatkan nyawa rakyat tapi sibuk urusi suntik BUMN ratusan triliun dan obat cacing," ungkapnya dalam siaran pers.

"Bubarkan saja Komite itu," cuit Faisal Basri di akun Twitter pribadinya @FaisalBasri pada 9 Juli 2021. *** (Rio RizkyPangestu/Pikiran-rakyat)

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-rakyat.com dengan judul Faisal Basri 'Semprot' Erick Thohir: Bukannya Utamakan Nyawa Rakyat tapi'

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x