Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit di Jawa dan Bali Perlu Tambah 20 Ribu Tenaga Kesehatan

- 13 Juli 2021, 19:14 WIB
Seorang tenaga kesehatan menata tempat tidur di ruang isolasi di Rumah Sakit Darurat Pangkalan Marinir Jakarta, Sabtu 10 Juli 2021. Melonjaknay kasus Covid-19 membuat sejumalh rumah sakit memerlukan tambahan tenaga kesehatan perawat dan dokter.
Seorang tenaga kesehatan menata tempat tidur di ruang isolasi di Rumah Sakit Darurat Pangkalan Marinir Jakarta, Sabtu 10 Juli 2021. Melonjaknay kasus Covid-19 membuat sejumalh rumah sakit memerlukan tambahan tenaga kesehatan perawat dan dokter. /M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Peningkatan kasus Covid-19 secara nasional mengakibatkan layanan rumah sakit memerlukan tambahan sekitar 20 ribu dokter dan perawat.

Tambahan tenaga kesehatan tersebut untuk keperluan rumah sakit di tujuh provinsi Pulau Jawa dan Bali itu berkisar 16 ribu sampai 20 ribu perawat tambahan.

Sedangkan tenaga dokter diperlukan tambahan berkisar 2.200 hingga 2.900 orang.

Baca Juga: Covid-19 Melonjak di Denpasar, 293 Kasus Baru, Meninggal Enam Orang

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kunjungan pasien Covid-19 yang kian meningkat perlu diantisipasi dengan penambahan tenaga kesehatan tersebut.

"Kita ada masalah dari sisi sumber daya manusia (SDM), karena banyak yang kena (terinfeksi Covid-19). Sehingga kita perlu juga mengganti, tapi kita juga ada ekspansi ," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI, Selasa 13 Juli 2021.

Kata dia melalui organisasi profesi maupun lembaga pendidikan telah diperkirakan mampu memenuhi sekitar 19 ribu orang.

"Kita sudah petakan perawat yang sudah lulus uji kompetensi, sudah selesai sekolah tapi belum lulus uji kompetensi dan di tingkat akhir itu ada sekitar 19 ribuan," katanya, dikutip dari Antaranews.

Baca Juga: Hampir Penuh, RS Wangaya Denpasar Akan Tambah Kapasitas Ruang Isolasi Covid-19

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x