Peringatan Detik Detik Proklamasi, Presiden Jokowi Kenakan Busana Adat Lampung Pepadun

- 17 Agustus 2021, 12:33 WIB
Presiden Jokowi berbusana adat Lampung Pepadun dan Ibu Negara Iriana mengenakan busana nasional berbahan songket saat menghadiri acara peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, 17 Agustus 2021.
Presiden Jokowi berbusana adat Lampung Pepadun dan Ibu Negara Iriana mengenakan busana nasional berbahan songket saat menghadiri acara peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, 17 Agustus 2021. /Instagram @jokowi/Agus Suprapto

INDOBALINEWS – Beberapa tahun belakangan, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Istana Merdeka makin berwarna dengan kehadiran sejumlah pejabat tinggi yang mengenakan busana adat.

Seperti terlihat di layar televisi, Selasa 17 Agustus 2021, dalam acara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Presiden Jokowi mengenakan baju adat Lampung Pepadun, tampak serasi dengan Ibu Negara Iriana dengan busana nasional berbahan songket yang indah.

Jokowi yang memimpin Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI itu memakai baju dan celana resmi warna putih yang dililitkan sarung pada bagian pinggang.

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR: Ridwal Kamil Apresiasi Presiden Jokowi yang Pakai Busana Adat Badui

Tak ketinggalan selempang songket Lampung tersampir di pundak dan menyilang di dada serta punggung dan kedua ujungnya pada bagian pinggang sebelah kiri.

Jokowi juga mengenakan penutup kepala dari kain sogket warna merah dan benang emas, senada dengan warga sarung, selempang, dan pengikat pinggang.

Sedangkan Iriana mengenakan baju kurung warna kuning terang dengan kain songket warna senada serta selendang yang diselempangkan di bahu kiri.

Sedangkan jilbab Ibu Negara juga berwarna kuning. Ia mengenakan masker warna putih seperti halnya yang dikenakan suaminya.

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Buka Akses Pasar Industri Game dan Aplikasi

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: instagram @jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x