Hari Suci Nyepi 2022: Jeda Sejenak untuk Keseimbangan Alam, Menag Sebut Tattwam Asi Sumber Inspirasi Umat

- 3 Maret 2022, 14:42 WIB
Pecalang atau petugas pengamanan desa adat di Bali memantau situasi jalan raya saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di wilayah Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Kamis,  3 Maret 2022. Pengamanan Nyepi di desa tersebut untuk menjamin keamanan dan kelancaran umat Hindu dalam menjalani "catur brata penyepian".
Pecalang atau petugas pengamanan desa adat di Bali memantau situasi jalan raya saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di wilayah Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Kamis, 3 Maret 2022. Pengamanan Nyepi di desa tersebut untuk menjamin keamanan dan kelancaran umat Hindu dalam menjalani "catur brata penyepian". /ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

INDOBALINEWS – Keheningan menyergap seluruh wilayah Pulau Bali pada hari ini, Kamis 3 Maret 2022.

Umat Hindu sedang menjalankan tapa brata penyepian yang merupakan ritual saat datangnya Hari Suci Nyepi Tahun baru Saka 1944.

Selama 24 jam seluruh kegiatan terhenti, seolah memberikan jeda sejenak kepada semesta untuk mencapai ekuilibrium atau keseimbangan.

 Baca Juga: Begini Cara Mengisi eHAC, Pelaku Perjalanan Domestik Diminta Perbarui Aplikasi Peduli Lindungi

Selama 24 jam, sejak Kamis 3 Maret 2022 pukul 06.00 hingga Jumat 4 Maret pukul 06 00 Wita umat Hindu berpantang melakukan empat hal atau catur brata penyepian.

Umat Hindu tidak menyalakan api (amati geni), tidak bekerja (amati karya), tidak bersenang-senang (amati lelanguan) dan tidak beperghian (amati lelungan).

Pada Kamis siang seluruh aktivitas terhenti. Jalan-jalan lengang. Umat Hindu melakukan perenungan dalam rumah, dan warga non-Hindu menghormati ritual ini dengan berdiam diri di rumah.

Baca Juga: Hindari Antrean Panjang di Bandara Kedatangan, eHAC Wajib Diisi Sebelum Terbang

Malam harinya, seluruh wilayah gelap gulita. Seluruh penerangan dipadamkan. Hanya gelap pekat dan keheningan di penjuru Pulau Dewata.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x