Berkat Inovasi Layanan Call Center DVR, Imigrasi Soekarno-Hatta Berhasil Selamatkan 2 WNI Terduga Korban TPPM

- 12 November 2023, 21:15 WIB
Kanim Soekarno-Hatta saat peluncuran inovasi layanan Call Center DVR (Digital VOIP Receptionist) di Jakarta, Kamis 9 November 2023.
Kanim Soekarno-Hatta saat peluncuran inovasi layanan Call Center DVR (Digital VOIP Receptionist) di Jakarta, Kamis 9 November 2023. /Dok. Humas Kanim Soekarno-Hatta.

 

 

INDOBALINEWS - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta meluncurkan inovasi layanan Call Center DVR (Digital VOIP Receptionist). Hal tersebut dilatar belakangi karena bandara merupakan pintu utama orang dan barang masuk dan keluar.

Selain sumber daya manusia (SDM), diperlukan juga alat mendeteksi atau memproteksi pergerakan yang mencurigakan dan membahayakan. Terlebih lagi, Bandara Soekarno-Hatta penanganannya mesti benar-benar dapat ditangani dengan baik.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian atau Kabid TIKKIM Bambang Tri Cahyono menyampaikan bahwa Call Center DVR (Digital VOIP Receptionist) ini disebutkan sebagai sistem resepsionis digital yang memungkinkan pemohon melakukan permohonan informasi Keimigrasian dan mengajukan pengaduan dengan lebih nyaman serta aman. Pasalnya, semuanya terdata dengan baik dan terdigitalisasi dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Update Perang Gaza, Listrik Putus RS Al Shifa Tutup, 37 Bayi Prematur di Terancam Kehilangan Nyawa

Menurut Bambang, inovasi ini lahir lantaran tingginya permintaan informasi yang masuk dan diterima oleh Customer Service Imigrasi Soekarno-Hatta.

"Sejak Januari lalu hingga Oktober 2023, kami telah menerima 6.343 permintaan informasi dari masyarakat, tertinggi kami terima di bulan Oktober sebanyak 1.103," ujar Bambang melalui siaran pers dari Kanim Soetta, Kamis 9 November 2023.

Sebagai penggagas inovasi tersebut, Kasi Infokim Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Muhammad Rija Yulham menjelaskan untuk inovasi tersebut memiliki Tagline "We Listen, We Serve and We Solve", yang berarti "Kami akan Benar-Benar Mendengarkan, Melayani dan Menyelesaikan" setiap keluhan dan aduan masyarakat, tidak hanya sekadar Call Center.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah